50 Pembudidaya Ikan Hias Kota Bandung Mengikuti Pelatihan di BPPPUIH Cianjur

bandung

Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum dan Ikan Hias (BPPPUIH) Cianjur bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung menggelar pelatihan budidaya ikan hias di Cianjur, Jawa Barat. Tidak kurang sebanyak 50 perserta berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan yang di gelar selama tiga hari dari tanggal 17 – 19 Oktober 2016.

Kepala Balai BPPPUIH Cianjur Endang HS, SP., MM mengatakan, pelatihan diversifikasi usaha budidaya ikan hias ini merupakan kegiatan dari Gerakan Citarum Bestari  (bersih, indah dan lestari) yang mana gerakan ini di cetuskan pada 2014 oleh Gubernur Jawa Barat di  Kecamatan Majalaya di Kab. Bandung.

Endang menambahkan, diversivikasi usaha dalam bidang perikanan ini diharapkan dapat memberikan alternatif bagi para petani sayuran yang ada di hulu sungai Citarum di Gunung Wayang dan sekitarnya seperti yang ada di Kecamatan Kertasari dan Kecamatan Pengalengan.

Foto 2Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Ir. Elly Wasliah mengatakan, maksud dan tujuan pelatihan bagi para petani ikan hias adalah sebagai wadah belajar bagi para pembudidaya ikan hias dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha budidaya ikan hias pada kesempatan ini  dikhususkan bagi para pembudidaya ikan hias yang berdomisili disekitar sempadan sungai.

“Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para pembudidaya ikan hias yang berada di sepanjang aliran sungai selain dapat meningkatkan produksinya juga dapat memanfaatkan kearifan sumber daya alam yang ada di sepanjang sungai sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga,” tambah Elly.

Seperti yang sudah banyak diketahui, Jawa Barat merupakan penghasil ikan hias ke-2 terbesar di Indonesia setelah Jawa Timur, jenis ikan hiasnya cukup bervariasi, salahsatunya yang menjadi fokus adalah ikan koi.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Ir. Foto 3Galih Praasih menjelaskan, pasar ikan hias di Kota Bandung selain untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen dalam Kota Bandung sendiri juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Permintaan kebutuhan ekspor peluangnya besar sekali, kata Galih, terutama untuk Ikan Siklid (frontosa) yang merupakan unggulan produksi, namun Kota Bandung masih belum bisa memenuhi kebutuhannya. “Sebagian besar kebutuhan pasar ikan hias di Kota Bandung masih didatangkan dari luar Kota Bandung hanya 4% saja yang dipenuhi dari produksi Kota Bandung sendiri,” ungkap Galih.

Kenapa ikan hias?

Para hobbies ikan hias di Indonesia saat ini sudah semakin menjamur, yang namanya sudah hobi pasti rela membelanjakan uanganya untuk memenuhi rasa cintanya terhadap ikan hias. Endang menjelaskan, fenomena ini yang kita lihat sebagai peluang dan sediakan sarana pelatihan bagi 50 pembudidaya ikan hias.

“Ada hal yang membuat orang tertarik dengan budidaya ikan hias karena harganya yang relatif bagus, mempunyai nilai ekonomis tinggi dan peluang pasarnya masih besar terutama untuk ekspor,” ujar Endang.

Untuk melakukan usaha budidaya ikan hias tidak membutuhkan lahan yang luas, lahan yang sempit pun sudah dapat menghasilkan seperti halnya di Kota Bandung dengan alih fungsi lahan yang tinggi keberadaan usaha ikan hias masih menjadi pilihan usaha dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman, serta dak rumah.

Terjun ke lapangan

Setelah dua hari pelatihan di BPPPUIH Cianjur yang lebih membahas teori dan teknis budidaya ikan hias, hari ketiga kegiatan seluruh peserta mengunjungi Pasar Ikan Hias Laladon dan mengunjungi Kelompok Usaha Bersama Budidaya Ikan Hias di Kp. Jampang Pulo, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Di situ dilihat langsung bagaimana budidaya berbagai jenis ikan hias dan melihat bagaimana pemasaran ikan hias. Dengan ada kegiatan ini, Petugas Teknis Pendamping dari Dinas Pertanian Ketahanan Kota Bandung Yudha Galtieri, S.Pt, mengungkapkan kami ingin meningkatkan kapasitas SDM khususnya di pembudidaya ikan hias.

“Jadi bagaimana caranya melalui pelatihan ini diharapkan pembudidaya ikan hias bisa lebih terampil, sehingga besar harapan SDM hasil dari pelatihan ini kedepannya dapat menunjang program pengembangan kampung ikan hias di kota Bandung,” kata Yudha.

Tidak jauh berbeda dengan Yudha, Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan Kota Bandung Cucum Sumiati, A.Md mengatakan, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai wadah untuk ajang silaturahmi antar anggota dengan penyuluh, sebagai tempat wahana belajar, dan ajang diskusi tukar-menukar informasi untuk kesejahteraan peningkatan ikan hias.

“Para pembudidaya  ikan hias yang sudah dibekali dengan  ilmu dalam pelaihan ini diharapkan dapat meningkatkan produksinya sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi keluarganya,” tutur Cucum. (Adv/Resti)

Testimoni

  1. Foto 4Jajang Nurjaman, Cibiru

Mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan dan  ilmu pengetahuan tentang budidaya ikan hias, mempererat tali silaturahm antar pembudidaya atau kelompok pembudidaya ikan hias, serta bisa memperluas jaringan atau relasi yang bertujuan untuk ke arah yang lebih maju lagi.

  1. Foto 5Anna Agustina, Ujung Berung

Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk para wirausaha di bidang budidaya ikan hias karena dipelatihan ini kami mendapatkan ilmu yang baru dan memotivasi kami untuk terus semangat pantang menyerah menjalankan dan mengembangkan usaha dibidang ikan hias yang sangat menjanjikan.

  1. Foto 6Asep Tristian, SP, Babakan Ciparay

Acara ini sangat bermanfaat sekali, di Bandung baru kali ini ada pelatihan semua pembudidaya ikan hiasnya di bawa ke balai, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya pelatihan skala dinas saja.

Incoming search terms:

  • peternak ikan hias bandung
  • tempat budidaya ikan di bandung
  • peternakan ikan hias di bandung
  • IKAN HIAS Kota Bandung Jawa Barat Indonesia
  • peternakan ikan di bandung
  • budidaya ikan hias bandung
  • petani ikan cibiru bandung
  • bpppuih cianjur
  • pelatihan ikan hias kab bandung di cianjur 2016
  • ternak ikan hias di lahan sempit

1 Comment on 50 Pembudidaya Ikan Hias Kota Bandung Mengikuti Pelatihan di BPPPUIH Cianjur

  1. Mantab..semoga sukses

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose