Aquatec Gelar Workshop “Membuat Keramba Jaring Apung Bundar Do It Yourself”

Dengan Aquatec, Membuat Keramba Jaring Apung Bundar Dapat Dilakukan Sendiri
Untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan industri perikanan budidaya kakap putih di tahun 2017, dibutuhkan keramba jaring apung (KJA) dalam jumlah besar dan memiliki kualitas yang sudah teruji. Aquatec sebagai pionir keramba jaring apung bundar di Indonesia pada awal Februari mendatang akan menggelar Workshop yang bertajuk “Membuat Keramba Jaring Apung Bundar ‘Do It Yourself’” pada tanggal 6 Februari 2017. Keramba Jaring Apung Bundar HDPE Aquatec sudah teruji kekuatan dan ketahanan ombaknya, dan sangat cocok digunakan untuk budidaya kakap putih. Produk ini sudah banyak dipakai di berbagai balai penelitian di Indonesia maupun swasta.
Workshop kali ini cukup unik, karena digelar langsung di pabrik PT Gani Arta Dwitunggal yang terletak di jalan Raya Batujajar Km 2.8 Padalarang, Bandung Barat. Perserta akan diperlihatkan dan diajarkan bagaimana proses membuat KJA bundar berstandar SNI. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mendorong munculnya pengusaha-pengusaha KJA bundar di daerah-daerah.
Selain General Manager PT. Gani Arta Dwitunggal Andi J. Sunadim sebagai pembicara dan tour guide saat kunjungan ke pabrik, hadir pula pembicara yang tentunya berkompeten di bidangnya yang akan memberikan paparan terkait keramba jaring apung bundar.
Pembicara yang hadir seperti Prof. Dr. Ketut Sugama, M.Sc (Ahli Peneliti Utama Badan Litbang Kelautan dan Perikanan) yang akan membawakan materi tentang “Evolusi Keramba Jaring Apung HDPE”, Dr. Ir. Dedy Sutisna, Ms (Sekjen Dewan Kelautan Indonesia) yang akan membawakan materi tentang “Keramba Jaring Apung Untuk Pariwisata”, dan Agus Cahyadi, S.Pi M.Si (Peneliti Ikan Tuna Litbang KKP) yang akan membawakan materi tentang “Penerapan Keramba Jaring Apung Bundar Dan Tuna Pakan Mandiri Di Balai Perekayasaan Wakatobi” turut meramaikan acara tersebut. Setelah itu, akan dilakukan praktek lapangan teknik penyambungan pipa metode butt fusion dan perangkaian keramba jaring apung akan dibimbing oleh R & D Aquatec.
Pada workshop kali ini Aquatec juga akan mengajarkan kepada para peserta mengenai ilmu dasar dan pengenalan konstruksi keramba jaring apung bundar, pengenalan bahan polyethylene, penghitungan daya apung keramba, teknik penyambungan pipa metode butt fusion, teknik perangkaian keramba jaring apung menjadi produk yang siap digunakan, dan pembahasan SNI KJA Bundar. Pembahasan akan dilakukan secara mendetail dan menyeluruh sehingga pelaku budidaya ikan dapat membuat keramba jaring apung bundar sendiri di lapangan dengan menyuplai dan menyambung sendiri pipa polyethylene sebagai alat apung. Dengan demikian, biaya pembuatan KJA dapat ditekan hingga 30% atau bahkan lebih, terutama untuk daerah Indonesia Timur.
Tidak ketinggalan pula akan dibahas inovasi-inovasi terbaru Aquatec yang dapat diterapkan di keramba jaring apung bundar. Fasilitas workshop mencakup free lunch, sertifikat, dan goodie bag.
Peserta yang diundang adalah dari kalangan pelaku budidaya, BUMN, Kementerian/Lembaga bidang Kelautan, dan Kemendesa. Target peserta adalah 30 orang. Diharapkan dengan adanya workshop ini para pelaku budidaya ikan di Indonesia menjadi sadar bahwa membuat keramba jaring apung bundar itu mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan biaya terjangkau, dan dengan kualitas standar SNI.
Sudah saatnya seluruh stakeholder bergandeng tangan untuk sama-sama memajukan perikanan budidaya Indonesia.
Formulir keikutsertaan workshop dapat didownload di www.aquatec.co.id/news diemailkan/dikirimkan paling lambat 30 Januari 2017 ke aquatec.gad@gmail.com atau ke Jalan Raya Batujajar Km 2.8 Padalarang, Bandung Barat.
Informasi lebih lengkap dapat menghubungi Elga 0822 1701 8008.

Incoming search terms:

  • dermaga aquatex
  • keramba pakan mandiri
  • alat do it yourself tercanggih
  • dermaga aquatek
  • keramba aquatec
  • pembuatan keramba modern dan tercanggih 2017
  • sni keramba jaring apung

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose