AQUATEC LUNCURKAN KERAMBA JARING APUNG BUNDAR DIAMETER KECIL DAN DERMAGA

Kja Bundar AquaTecKeramba Jaring Apung (KJA) Bundar Aquatec, Teknologi Unggulan Indonesia

Perikanan budidaya Indonesia merupakan sektor ekonomi yang berkembang pesat. Luasnya perairan dan garis pantai, kita memiliki potensi perikanan budidaya yang jauh melebihi negara-negara manapun. Oleh karena itu, perikanan budidaya perlu didukung dengan sarana KJA modern yang unggul.

Setelah suksesnya program-program pemerintah dalam meningkatkan kapasitas perikanan budidaya sejak tahun 2011 hingga 2015, kini kita memasuki era budidaya ikan perenang cepat seperti Bandeng, Bawal Bintang, dan Kakap Putih. Ikan-ikan tersebut membutuhkan KJA bundar, yang paling populer adalah diameter 20 meter dengan kapasitas 50 ton sekali panen. Kapasitas tersebut cocok untuk pembudidaya tingkat corporate, sedangkan untuk pembudidaya pemula (misal: nelayan tangkap), skala tersebut dianggap beresiko. Untuk meminimalisir resiko yang mungkin timbul, pembudidaya cocok untuk memulai dengan KJA bundar diameter 10 meter dengan kapasitas 10 ton. Aquatec menanggapi kebutuhan pasar tersebut dengan meluncurkan KJA bundar diameter 10 meter dengan teknologi khusus yang telah dipatenkan, yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Teknologi yang ditawarkan oleh Aquatec adalah sistem penyambungan buttfusion yang ditingkatkan, dimana pada tiap sambungan pipa terdapat penambahan ketebalan pipa menjadi 2 kali, serta dilengkapi dengan sekat anti bocor. Teknologi ini membuat KJA dapat bertahan di ombak 3 meter, dan jikalau terjadi kebocoran (misal: ditabrak motor boat), air tidak akan menembus sekat dan KJA akan tetap mengapung. Penghubung pipa dan tiang pagar dapat dibuka tutup, yang dirakit setelah proses penyambungan pipa selesai. Teknologi ini mempermudah sekaligus mempercepat proses perakitan di lapangan.

KJA bundar Aquatec diameter 10m telah terpasang di BBPBL Pesawaran, BBAP Situbondo, BBAP Takalar, dan BBL Ambon, sedangkan KJA bundar Aquatec diameter 20m, 35m, dan 50m telah terpasang di Balai Perekayasaan Wakatobi dan BBPPBL Gondol, Bali.

Dermaga Aquatec, Solusi Kebutuhan Infrastruktur Pulau-pulau Indonesia

Indonesia dengan 17.000 pulau memiliki potensi ekonomi yang besar dan beragam, diantaranya pariwisata dan perikanan. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi ekonomi di pulau-pulau tersebut, perlu dibangun infrastruktur terutama dermaga.

Karakter kebanyakan dari pulau-pulau di Indonesia adalah: ketika air laut surut, garis pantai mundur sangat jauh, meninggalkan hamparan pasir yang sangat lebar. Oleh karenanya, pembangunan dermaga di pulau-pulau tidak cukup hanya dengan dermaga permanen saja, namun perlu dilengkapi dengan dermaga apung, supaya ketika air laut surut nelayan dapat tetap naik ke dermaga apung, dan melalui gangway naik ke dermaga permanen.

Dermaga Aquatec terdiri dari rangkaian dermaga permanen dan dermaga apung yang diperkuat dengan rangka marine alumunium profile – dermaga dengan kualitas standard Eropa pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini – knockdown pula. Dermaga permanen dan dermaga apung Aquatec masing-masing diperkuat dengan rangka marine alumunium profile dan berlantai WPC (Wood Polyethylene Compound) setebal 38mm yang kokoh, tahan cuaca laut, dan anti rayap.

Dermaga permanen Aquatec dirakit di atas tiang pancang beton. Waktu perakitan relatif singkat. Dermaga permanen Aquatec dapat dilengkapi dengan pagar stainless steel dan lampu LED solar system.

Dermaga apung Aquatec memiliki alat apung berbentuk silindris. Alat apung berbentuk memanjang yang disambung satu dengan lainnya dengan flange, menghasilkan dermaga apung yang stabil dan kokoh serta tahan ombak. Dermaga apung Aquatec dapat dilengkapi dengan bollard stainless steel, dock bumper karet sintetis, dan lampu LED solar system. Dermaga apung Aquatec telah banyak terpasang di Kalimantan Timur, Banten, Padang, dan Maluku.

Dengan inovasi terbaru yaitu KJA bundar diameter kecil dan dermaga, Aquatec ingin berpartisipasi dalam pembangunan perikanan budidaya dan infrastruktur pulau-pulau di Indonesia.

Incoming search terms:

  • keramba jaring apung modern
  • harga keramba jaring apung
  • harga keramba jaring apung modern
  • harga kja aquatec
  • daftar harga keramba jaring apung
  • kja aquatec
  • keramba apung modern
  • harga jaring apung
  • harga keramba bundar
  • tambak apung aquatek

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose