Bandeng Salinitas Rendah Sistem Tradisional Plus

Diawali sebagai ikan tambak, ikan yang sudah sangat populer di dunia kuliner nusantara ini juga bisa dibudidayakan di perairan bersalinitas rendah. Maklum, bandeng dikenal sebagai ikan euryhalin alias mampu hidup pada rentang salinitas yang lebar.

Pada Tahun 1984, Carreon et al menuliskan bahwa secara alami ikan bandeng hidup di laut. Namun, ikan ini juga bisa dipelihara di air tawar. Faktanya, Budidaya ikan bandeng di kolam atau tambak air tawar sudah populer dilakukan petani di beberapa daerah seperti di Lamongan (Jawa Timur), Pati (Jawa Tengah), Lampung, Sulawesi Selatan, dan kini mulai dikembangkan di Aceh.

Menurut Ujang Komarudin, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, Jawa Timur, pemeliharaan bandeng pada salinitas rendah sudah lama berkembang di wilayah Lamongan, Jawa Timur.  Kawasan Bonorowo (di Lamongan) merupakan sentra produksi ikan bandeng, yang dipolikultur dengan ikan tawes, mas (tombro), nilem, dan ikan nila. Budidaya bandeng pada salinitas rendah, seperti di sawah tambak di Lamongan, berawal dari “ketidaksengajaan” masuknya benih bandeng (nener) alam ke dalam sawah tambak, dan ternyata bisa tumbuh besar.

Mencuatnya introduksi ikan bandeng ke perairan tawar terjadi saat Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Barat melakukan penebaran (“re-stocking”) gelondongan bandeng air tawar di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, pada tahun 2008 dengan tujuan mengurangi eutrofikasi yang terjadi di waduk tersebut. Maklum, bandeng adalah pemakan plankton yang efektif sehingga dapat mengonversi kesuburan perairan menjadi biomassa daging ikan. Hasilnya, selain dapat memperbaiki kualitas air waduk, bendeng menjadi sumber tangkapan bagi nelayan setempat.

Pada pertengahan tahun 2011, BBAP Ujung Batee pun melakukan re-stocking sekitar 15.000 ekor gelondongan bandeng air tawar ukuran 6—8 cm di Waduk Keuliling Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Selain untuk memperbaiki kualitas air waduk, penebaran ikan bandeng ini juga diharapkan menjadi ikan tangkapan bagi masyarakat nelayan sekitar.

Selanjutnya Baca di majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • ukuran kolam ikan bandeng disawah
  • pakan untuk budidaya ikan mas dan bandeng lamongan
  • lamongan nener
  • Ikan bandeng disawah
  • fakta ikan bandeng air tawar
  • dinas budidaya ikan bandeng air tawar daerah jawa barat?
  • budidaya bandeng di lamongan
  • bibit ikan bandeng air tawar daerah jatim
  • bibit ikan bandeng air tawar
  • bibit bandeng lamongan

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose