Behn Meyer, Junjung Tinggi Kearifan Lokal Indonesia

Membuat perusahaan bertahan sampai 175 tahun tentu tak mudah, tetapi juga tidak mustahil. Buktinya, perusahaan asal Jerman, Behn Meyer, mampu bertahan dan melewati perjalanan panjang sejak pertama kali berdiri hingga saat ini.

AK11 Advetorial 1 2”Sama halnya perusahaan Jerman lain yang cukup besar seperti perusahaan otomotif dan elektronik, Behn Meyer mempunyai daya juang sangat kua. Sama seperti perusahaan Jerman lain yang masih bertahan hingga saat ini,” jelas Teddy Candinegara, Direktur Sales Behn Meyer.

Selain daya juang, perbedaan perusahaan Jerman dibanding perusahaan negara lain adalah daya adaptive atau menyesuaikan diri yang cukup baik. Dengan usia yang relatif lama, perusahaan ini telahmelewati berbagai era atau zaman. Seperti pada saat terjadinya Perang Dunia Pertama, Behn Meyer memiliki kantor dan cabang di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina. Saat itulah Behn Meyer menjadi perusahaan perdagangan dan pelayaran terbesar di kawasan tersebut.

Pada Perang Dunia Kedua, Behn Meyer sempat kehilangan semua aset dan kantornya di Asia Tenggara. Namun, perusahaan ini mampu bangkit dan hubungan perdagangan kembali berlanjut sekitar tahun 1945 ini. Terlihat bahwa Behn Meyer bisa beradaptasi terhadap situasi sehingga perusahaan ini bisa tetap stabil.

Selain hal tersebut, salah satu hal yang membuat Behn Meyer bisa terus bertahan sampai saat ini yaitu menjunjung tinggi kearifan lokal, sesuai kondisi negara di mana cabang Behn Meyer berada. Walaupun perusahaan ini berasal dari Jerman, segala peraturan tidak lantas mengadopsi “gaya Jerman” sepenuhnya.

Pak Tedy“Kalau diperhatikan, dalam Behn Meyer Indonesia sama sekali tidak ada orang Jerman yang ikut terlibat atau pun masuk dalam struktural kepengurusan. Semuanya dikerjakan oleh orang Indonesia itu sendiri,” Jelas Teddy kepada Majalah Info Akuakultur saat ditemui di kantornya di kawasan Taman Tekno, BSD, Tanggerang Selatan.

Behn Meyer sangat mempertimbangkan kearifan lokal seperti budaya, sosial, serta kemampuan-kemampuan karyawan di Indonesia, penggabungan model atau etos kerja seperti orang Jerman dengan kearifan lokal Indonesia menjadikan perusahaan ini sangat kuat dalam hal  dan ini jelas yang memperngaruhi berjalannya bisnis itu sendiri.

Sejarah Singkat

Perusahaan ini tercetus oleh dua pemuda asal Hamburg, Jerman, yaitu Theodor August Behn and Valentin Lorenz Meyer di Singapura, sebagai usaha perdagangan pada tahun 1840. Namun, Behn Meyer mulai membuka perusahaannya di Indonesia sekitar tahun 1920-an.

Tidak hanya di Singapura dan Indonesia, di Asia, Behn Meyer melebarkan sayapnya sampai ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, sampai ke Taiwan, China, dan India. Selain di Jerman sendiri, Behn Meyer juga ada di negara Eropa lainnya seperti Italia dan Belanda, serta sampai ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Perusahaan induk Behn Meyer (D) Holding AG & Co (sebelumnya dikenal sebagai Arnold Otto Meyer) yang berbasis di Hamburg ini awalnya perusahaan yang memperdagangkan hasil bumi dari wilayah tropis seperti minyak kelapa, kopra, lada, kamper, rotan, dan produk lainnya. Kemudian memperluas usaha ke bidang pengiriman dan asuransi.

Seiring berjalannya waktu, di Indonesia sendiri Behn Meyer memiliki empat bidang industri seperti AgriCare, Ingredients, Performance Chemicals, dan Polymer. AgriCare berkaitan dengan pertanian. Pada bidang ini, Behn Meyer memproduksi pupuk dan crop protection.

Kemudian dalam bidang Ingredients, perusahaan ini fokus memproduksi segala sesuatu yang berkaitan dengan pakan peternakan seperti animal nutrition, food home & personal care, dan obat hewan. Selain itu, pada bidang industri Performance Chemicals, perusahan ini memproduksi bahan-bahan kimia, kulit, tekstil, perto chemical, dan water treatment. Terakhir bidang industri Polymer yang memproduksi karet dan plastik.

Produk aquatik di Indonesia

Behn Meyer telah menjalankan produk aquatik di Indonesia sekitar 8 tahun. Selama 8 tahun tersebut, Behn Meyer terus mengembangkan bisnisnya dan mencoba terlibat dalam pengembangan akuakultur di Indonesia. Salah satu action-nya adalah mentransfer teknologi kepada para pelaku budidaya dan industri akuakultur di Indonesia.

Salah satu inovasi dari Behn Meyer untuk para pelaku budidaya adalah menciptakan Water Treatment. Water Treatment sendiri merupakan cara meminimalkan polusi pada air yang sudah digunakan pada tambak sebelum dibuang ke laut agar mengurangi tingkat polusi pada air.

Hanya saja, kendala terletak pada harga teknologi yang cukup mahal. Namun, Behn Meyer membebaskan kepada para pelaku budidaya untuk menggunakan kosep teknologi ini dengan catatan menggunakan prinsip-prinsip yang direkomendasikan oleh Behn Meyer agar hasilnya dapat dirasakan dengan maksimal.

Bukan sekadar bisnis

Berbicara bisnis pasti terkait dengan urusan untung-rugi. Namun, Behn Meyer sedikit berbeda. Dalam menjalankan bisnisnya, Behn Meyer sedikit mengesampingkan masalah tersebut. Mereka lebih mengedepankan aspek manfaat ketimbang masalah untung dan rugi.

Hal tersebut dipertegas oleh Teddy. Menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan meminimalkan kerugian. Namun tidak hanya itu, Behn Meyer juga memikirkan manfaat untuk para stake holder dan membantu pengembangan industri di Indonesia.

Teddy melanjutkan, Behn Meyer sendiri sering mendatangkan expert-expert yang berpengalaman dalam bidanganya untuk share informasi atau ilmu kepada para stake holder. Manfaatnya jelas, yaitu agar para stake holder cerdas dalam menghadapi tantangan atau masalah terkait dengan bidang yang digeluti.

175 Tahun Behn Meyer

Perhelatan ulang tahun Behn Meyer ke-175 tahun digelar di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta (26/10). Acara sederhana itu dihadiri oleh Adhita Susilardjo selaku President Director Behn Meyer Indonesia, para karyawan, serta para stake holder.

Dalam acara tersebut, Adhita Susilardjo mengatakan, “Kami semua bersyukur, perjalanan panjang ini tidak lepas dari campur tangan Tuhan Yang Maha Esa.”

Pak Andhita“Ini merupakan momen yang sangat spesial, untuk sampai ke tahap seperti sekarang ini. Tentunya juga tidak terlepas dari komitmen partner dan dedikasi semua member atas kerja sama dan kepercayaan kepada kami sehingga terciptanya kerjasama yang baik,” lanjut Aditha.

Sosok yang dikenal humble ini berharap Behn Meyer akan terus sukses, tidak hanya berhenti di angka 175 tahun. Menjadi perusahaan bisnis yang bisa berbagi mengenai informasi dan memberikan manfaat kepada setiap mitra atau stake holder serta untuk perkembangan industri di Indonesia.

Hadir pula Haris Priyadi, Sekretaris Jenderal Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI). Menurutnya, Behn Meyer merupakan perusahaan yang profesional dan memiliki track record cukup baik. “Pemilihan produk-produknya pun multipurpose. Artinya, mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sekalipun range-nya sangat luas, tetapi tetap memiliki komitmen terhadap kualitas yang ditawarkan. Pendekatan Behn Meyer ke customer juga sangat baik,” ungkap Haris.

Tidak jauh berbeda dengan Harris, Theo Tomahuw, GM Produksi PT Cibadak Indah Sari Farm menuturkan, “Behn Meyer mempunyai produk yang cukup baik dan saya cukup puas menggunakan produk mereka untuk keperluan peternakan saya.”

“Dalam satu bulan saya menggunakan 10 ton pelet bander yang diproduksi oleh Behn Meyer. Sampai saat ini saya belum pernah pindah untuk menggunakan produk lain karena Behn Meyer memberikan kualitas terbaik sehingga hasilnya sangat bagus”, tambah Theo.

(Aditya Permadi/Adv)

 

Incoming search terms:

  • produk behn meyer indonesia
  • produk behn meyer
  • produk pestisida behn meyer
  • behn meyer
  • behn meyer animal nutrition
  • pt aquatech indonesia
  • pt behn meyer aquakultur lampung
  • behn meyer kimia pt - tangerang indonesia
  • distributor pupuk Novatec produk Behn MEyer
  • foto kantor pt aquatech indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose