Benih Mustika Tahan Bencana

Ingat bencana Koi Herves Virus (KHV) yang menyerang dunia budidaya ikan mas tahun 2002? Pendatang baru besutan BPPI Sukamandi ini siap menerima tantangan!

 

Selain tahan serangan KHV, Ikan mas Mustika yang baru dirilis dengan SK Menteri Kelautan dan Perikanan tahun 2016 hasil kegiatan pemuliaan di Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi mempunyai segudang kelebihan juga memiliki performa yang baik pada karakter-karakter ekonomis penting lainnya.

 

Strain yang digunakan adalah strain Rajadanu, yang memiliki keunggulan pada berbagai karakter dibandingkan dengan ikan mas lainnya, yang telah berkembang dimasyarakat selama ini seperti strain Majalaya yang cukup mendominasi pada sentra-sentra pembesaran ikan mas. Selain itu, ikan mas Rajadanu memiliki morfologi atau bentuk tubuh yang relatif disukai pasar atau masyarakat dengan bentuk tubuh yang relatif lebih memanjang.

 

Ketua Kelompok UPR Ikan Mas di Cianjur, Ijang mengatakan, kurang lebih 4 bulan membudidayakan ikan mas mustika, namun untuk ikan mas jenis lain sudah sejak tahun 1985. “Prospeknya cukup bagus, sekarang orang cari ikan tahan virus dan mas Mustika pasti tahan virus, sehingga pembudidaya lebih diuntungkan dan bisa lebih baik dari ikan mas yang sudah ada sekarang”, ujar Ijang.

 

Lanjut Ijang, indukan mas Mustika, peralatan dan pakan disediakan oleh Balai Penelitian Pemulian Ikan (BPPI) Sukamandi. “Kita sekarang sedang memijahkan dan pemasaran benihnya di jual ke Cirata,” ungkapnya.

 

“Keuntungannya budidaya ikan mas Mustika yaitu ikan cepat besar, benihnya banyak, dan rasa dagingnya enak,” tambah Ijang.

 

Kegiatan Ijang bersama kelompok adalah melakukan budidaya, memelihara air supaya terjaga kualitasnya, pemberian pakan, kontrol hama dan penyakit dan melaporkan ke BPPI Sukamandi. “Dalam budidaya ikan mas Mustika, kendala pasti ada namun kami selalu koordinasi dengan BPPI Sukamandi,” tambah Ijang.

 

Ikan mas Mustika dihasilkan dari kegiatan pemuliaan melalui program seleksi konvensional dengan bantuan marka genetik. Peneliti, Balai Penelitian Pemulian Ikan (BPPI) Sukamandi, Khairul Syahputra, M.Si, mengatakan teknologi budidayanya mudah diterapkan karena relatif sama dengan teknologi yang sudah berkembang di pembudidaya serta tidak memerlukan tambahan teknologi spesifik.

 

Lanjut Khairul, budidaya ikan mas Mustika dapat diaplikasikan pada berbagai jenis atau sistem budidaya seperti kolam air tenang (KAT), kolam air deras (KAD), maupun keramba jaring apung (KJA). “Hasil uji lapang pada berbagai sistem budidaya menunjukkan bahwa penggunaan benih mas Mustika dapat meningkatkan produktivitas pembesaran sebesar 5-67%  lebih tinggi dari penggunaan benih ikan mas lainnya,” jelasnya.

 

“Kondisi optimal pertumbuhannya dapat dicapai pada kondisi kualitas air yang sesuai untuk budidaya ikan mas pada umumnya. Sedangkan pada saat terjadi wabah KHV, ikan mas Mustika masih memiliki sintasan yang tinggi dan pertumbuhannya tidak terganggu,” tambah Khairul.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • jenis ikan mas yang terdapat di bbpi sukamandi
  • bibit ikan mas mustika
  • jurnal ikan mas mustika
  • ikan mas sukamandi
  • Ikan Mas Rajadanu BPPI Sukamandi
  • ikan mas mustika sukamandi
  • ikan mas mustika strain dari rajadanu
  • ikan mas mustika bppi sukamandi
  • definisi ikan mas mustika
  • bppi sukamandi mas mustika

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose