Hitung Untung Gurame Galunggung

 

Di daerah Jawa Barat, terdapat jenis ikan gurame yang sudah terkenal sejak jaman ‘kompeni’ dulu. Nama strainnya adalah gurame Galunggung. Pasalnya, gurame ini hidup di perairan sekitar Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

Di mata konsumen, ikan gurame (Osphronemus goramy) memang tak sepopuler ikan mas atau lele. Tak hanya di mata konsumen, ikan gurame kalah pamor di kalangan pembudidaya, terutama segmen pembesaran. Membesarkan gurame membutuhkan lebih banyak kesabaran. Pasalnya, gurame termasuk ikan yang pertumbuhannya lambat. Untuk mencapai ukuran konsumsi, ikan ini membutuhkan waktu paling tidak satu tahun.

Meskipun demikian, ikan ini mempunyai segmen pasar tersendiri. Rumah makan dan restoran yang menyediakan menu ikan gurame bakar atau sop ikan gurame tidak sembarangan. Konsumennya pun berasal dari segmen tertentu. Dibandingkan dengan harga ikan jenis lain, gurame terbilang ikan ‘bergengsi’.

Di masyarakat, dikenal dua jenis ikan gurame, yaitu gurame soang (gurame angsa atau gurame Galunggung), dan gurame Jepang. Ikan gurame ini banyak dipelihara oleh masyarakat Jawa Barat. Sentra budidaya ikan bersirip lebar ini antara lain kawasan yang termasuk Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Di Tasikmalaya sendiri, daerah-daerah yang menjadi sentra budidaya gurame adalah Singaparna dan Manonjaya.

Lebih dekat dengan gurame Galunggung

Sejak dulu, gurame Galunggung terkenal kelezatan dagingnya sehingga harganya pun terbilang cukup mahal. Harga yang tinggi  membuatnya banyak dikonsumsi masyarakat kalangan menengah ke atas.

Ketenaran gurame ini sempat memudar di kancah percaturan perikanan air tawar di Indonesia. Pasalnya, pada tahun 1982, terjadi letusan Gunung Galunggung. Dahsyatnya letusan gunung yang terletak di kawasan Tasikmalaya tersebut berdampak besar terhadap sendi-sendi perekonomian masyarakat, termasuk aspek budidaya perikanan air tawar. Kala itu, banyak para pembudidaya mengalami kerugian besar akibat kolam-kolamnya tertimbun pasir muntahan dari kawah gunung tersebut. Akibatnya, ikan-ikan yang dipelihara tertimbun bersama air dan kolam. Sejak saat itu, popularitas gurame soang Galunggung redup di kawasan Kabupaten Tasikmalaya.

Selanjutnya baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • gurame soang tasikmalaya
  • gurame soang galunggung
  • peternak gurame tasikmalaya
  • gurame galunggung
  • harga bibit ikan gurame di tasikmalaya
  • harga gurame galunggung
  • ikan gurame tasikmalaya
  • harga ikan gurame di tasikmalaya
  • jual bibit ikan gurame tasikmalaya
  • jual bibit gurame tasikmalaya

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose