Kembangkan si Daging Putih

Permintaan ekspor tinggi, ikan patin Pasupati terus dikembangkan

 

Siapa yang tidak kenal dengan Patin Super Harapan Pertiwi atau Pasupati, kini masyarakat telah banyak yang membudidayakan karena diuntungkan dengan kualitas daging berwarna putih, pertumbuhannya relatif cepat dan dapat diproduksi sepanjang tahun.

 

Pasupati adalah ikan patin hibrida unggul hasil persilangan antara induk betina Patin Siam dengan induk jantan Patin Jambal. Ikan ini secara resmi telah dirilis oleh Menteri Kelautan dan Perikanan berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.25/MEN/2006 tentang Pelepasan Varietas Ikan Patin Pasupati Sebagai Varietas Benih Unggul pada tanggal 7 Agustus 2006.

 

Sesuai dengan permintaan ekspor, Pasupati memiliki daging halus dan rasa yang lezat menyerupai Patin Jambal atau patin Sungai. Didukung dengan benih yang dapat diproduksi secara massal, karena telur yang digunakan pada pembentukan patin Pasupati adalah telur Patin Siam yang memiliki fekunditas banyak dan dapat bereproduksi sepanjang tahun.

 

Peneliti, Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Jadmiko Darmawan W.P., S.Pi, mengatakan penyebaran Patin Pasupati dapat berupa benih patin pasupati atau disebut benih sebar, ataupun induk pembentuknya yang berupa Patin Siam dan Patin Jambal

 

Lanjut Jadmiko, benih sebar BPPI Sukamandi telah didistribusikan ke Jawa Barat (Subang, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, Purwakarta), Jawa Tengah (Tegal, Brebes, Pekalongan dan Batang ), Jawa Timur (Tulung Agung), dan Palembang (Kota Palembang, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir).

 

Tabel 1. Harga Benih Patin Pasupati

Benih Harga (Rp)
Larva (0 hari) 7
1 Inchi 100
2 Inchi 175
3 Inchi 300
4 – 5 Inchi 500

Sumber: BPPI Sukamandi

 

Adapun Induk pembentuk, BPPI Sukamandi juga telah didistribusikan ke Jawa Barat (Subang), Jawa Timur (Tulung Agung dan Mojokerto), Palembang (Kota Palembang dan Ogan Ilir) dan Lampung (Lampung Timur, Metro dan Tanggamus).

 

Tabel 2. Harga Induk Pembentuk

Induk Harga (Rp)
Calon induk Patin Siam 30.000/Kg
Calon induk Patin Jambal 50.000/Kg
Induk Patin Siam siap pijah 250.000/ekor
Induk Patin Jambal siap pijah 300.000/ekor

Sumber: BPPI Sukamandi

 

Selanjutnya baca di majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • agar daging patin warna putih
  • jual indukan patin palembang
  • balai pemuliaan ikan palembang
  • bppi subang
  • bppi sukamandi subang com
  • jual bibit lele mutiara ogan ilir
  • jual bibit patin pasupati
  • makalh tentang pembenihan ikan patin pasupati
  • Patin pasupati

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose