Kiat Tingkatkan Survival Rate Udang Windu

Perencanaan yang matang diperlukan dalam budidaya udang windu, agar mendapatkan hasil panen yang maksimal dan tentunya survival rate (SR) tinggi.

 

Saifullah Junaidy, B.Sc dari Dinas Kelautan dan Perikanan Nanggroe Aceh Darussalam, mengatakan, “Perencanaan budidaya perlu dalam budidaya udang windu, dimana didalamnya menentukan jumlah siklus dalam setahun. Kemudian rencanakan waktu budidaya dengan tepat menurut daerah masing-masing.”

 

Seperti yang dilakukan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar untuk kegiatan pembenihan rata-rata 6 siklus/tahun. Sedangkan untuk kegiatan pembesaran yang dikembangkan dalam kegiatan pendampingan teknologi/ diseminasi teknologi rata-rata 3 siklus/tahun.

 

Budidaya udang di Indonesia 80% tradisional dan 20% secara intensif. “Secara umum para pembudidaya di Sulawesi Selatan melakukan kegiatan budidaya udang windu secara tradisional dan semi intensif,” kata Perekayasa BPBAP Takalar, Dasep Hasbullah, S.P., M.Si.

 

“Budidaya udang windu di Aceh sebelum tsunami begitu menggembirakan, akan tetapi yang paling pesat perkembangannya di era 1990-an, pada tahun 2000-an agak menurun diakibatkan terserang penyakit dan sesudah tsunami memang tidak ada sama sekali, setelah beberapa tahun baru ada yang memulai secara tradisional,” ungkap Saifullah.

 

Kiat Tingkatkan SR

Para pembudidaya perlu melakukan kegiatan budidaya dengan menerapkan kaidah-kaidah cara budidaya ikan yang baik (CBIB), mulai dari tahap persiapan, tahap pemeliharaan sampai ke tahap panen dan pascapanen.

 

Menurut Saifullah, ”Untuk meningkatkan kelulusan hidup (SR) Pilihlah benur yang bagus, kemudian melakukan persiapan pada tambak sesuai Standard Operational Procedure (SOP), berikan pakan yang berkualitas dan perhatikan pemeliharaannya.”

 

Senada hal itu, Dasep mengatakan, “Gunakan benih unggul dan tahan penyakit, menerapkan padat penebaran yang ideal, pemberian pakan ideal dan pemeliharaan lingkungan tambak secara serius sesuai kaidah cara budidaya ikan yang baik.”

 Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • kiat sukses budidaya windu 2016
  • kunci sukses budidaya udang windu
  • sr udang windu paling tinggi
  • sukses udang windu
  • tambak udang modern
  • tambak udang windu sukse

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose