Kukuhkan Posisi Sebagai Produsen Mesin Pakan Berkualitas, Kaliber Luncurkan Extruder

AK10 Advetorial 3 3Memiliki keunggulan desain yang sangat terkini (up to date) serta mesin pendukung dari dalam negeri, harga produk mesin besutan Kaliber menjadi terjangkau. Pelanggan pun punya banyak pilihan untuk mendapatkan mesin terbaik dengan harga bersahabat.

Berdiri sejak tahun 2002, PT Kaliber Mitra Sakti sudah sangat dikenal sebagai perusahaan spesialis pembuat feedmill, mulai dari pengolahan bahan baku sampai menjadi pelet, sampai ke tahap packing. Desain pabrik pakan ikannya pun desain terkini, yang memperhatikan efisiensi dalam hal biaya operasional maupun perawatan.

Untuk pertama kalinya, PT Kaliber Mitra Sakti mengikuti pameran Indonesian Aquaculture 2015 di Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang tanggal 28—31 Oktober.

Pada keikutsertaannya yang pertama ini, antusiasme pengunjung yang datang ke stan cukup tinggi, baik sekadar melihat, bertanya, bahkan berminat menggunakan produk yang dipamerkan.

Produk inovasi andalan PT Kaliber Mitra Sakti yang dipamerkan adalah Extruder, alat pembuat pakan (feedmill) yang menghasilkan pakan ikan terapung. Ismail, selaku Senior Marketing PT Kaliber Mitra Sakti, mengatakan bahwa meskipun buatan lokal asli, kualitas Extruder sudah teruji dan banyak digunakan oleh para pelaku usaha budidaya/peternak.

Ada dua jenis Extruder, yaitu Dry Extruder dan Steam Extruder. Ismail menjelaskan, Dry Extruder merupakan alat pembuat pakan terapung untuk peternak ikan berskala kecil, dengan kapasitas kurang dari 500 kg/jam. Kaliber menyediakan mesin Extruder kecil dengan harga terjangkau, yang biasa disebut Dry Etruder karena tidak memakai uap sehingga tidak memerlukan dryer.

Terdapat tiga pilihan Dry Extruder yang bisa dijadikan pilihan, yaitu (1) type KAL-60 (kap asitas 50 kg/jam, (2) type KAL-70 (kapsitas 100 kg/jam), dan (3) type KAL-80 (kapasitas 200 kg/jam).

Jenis kedua adalah Steam Extruder, varian ini dikhususkan untuk pembuatan pakan skala besar atau pabrik pembuat pakan. Secara prinsip, penggunaan Steam Extruder dan Dry Extruder hampir sama, tetapi kapasitas hasilnya berbeda karena Steam Extruder memang didesain untuk skala besar.

Prinsip kerja Extruder

AK10 Advetorial 3 4Penggilingan, di mana bahan baku harus halus, yang paling efisien dari sisi energi listrik adalah Fine Grinder, yang satu tipe dengan Hammermill khusus untuk giling halus. Disebabkan ukuran partikel harus rata, setelah penggilingan dipasang satu shifter biasanya tipe Plan Sifter, yang secara umum dimanfaatkan di pabrik tepung terigu. Setelah proses penggilingan, tahap selanjutnya pencampuran (mixer). Hasil penyampuran dikirim ke Bin atas dan masuk Conditioner, di mana terjadi proses penambahan air dan uap.

Feeder mengatur kapasitas dan jumlah bahan baku masuk ke Extruder. Di Extruder, dilakukan kembali penambahan air dan uap. Jika diperlukan, casing Extruder juga bisa dipanasi dengan air dan uap.

Di depan Extruder, terdapat cutter atau pisau pemotong. Pelet yang keluar langsung di potong sesuai ukuran dalam bentuk bulat. Kondisi yang masih sangat basah akibat tambahan air dan uap mengharuskan pelet masuk dryer atau pengering terlebih dulu. Dalam proses ini ada kemungkinan untuk berhemat karena mesin dryer model lama sangat boros energi.

Extruder punya pilihan dengan menggunakan Counterflow Dyrer, dengan kebutuhan energi hanya separuh dari AK10 Advetorial 3 5Dryer Horizontal (rotating tray dryer), di mana kadar air bisa diatur dengan presisi. Setelah itu, pelet memasuki proses coating atau penyemprotan minyak. Bisa juga langsung masuk ke Cooler dan Bagging.

Semua mesin yang digunakan oleh PT Kaliber Mitra Sakti adalah mesin-mesin yang telah teruji kualitasnya dan telah banyak dipakai oleh para pelaku usaha budidaya/peternak serta pabrik pakan berskala besar. (Aditya Permadi/Adv)

Incoming search terms:

  • harga mesin ekstruder
  • daftar harga mesin ekstruder
  • harga mesin ekstruder pakan ikan
  • mesin ekstruder
  • mesin ekstruder pakan ikan
  • mesin extruder pakan ikan
  • harga mesin extruder pakan ikan
  • mesin pelet screw
  • produsen mesin
  • kaliber feed mill

3 Comments on Kukuhkan Posisi Sebagai Produsen Mesin Pakan Berkualitas, Kaliber Luncurkan Extruder

  1. harga extruder berapa pak

  2. Info untuk harga mesin nya dan drayer untuk pakan tenggelam

  3. brp harga mesin pakan ikan apung extruder kapasitas 350kg/jam,dan btp ml ukuran pakannyerkecil dan terbesar.mhn info

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose