Kunci Sukses Budidaya Udang Vaname Intensif

 

 

“Budidaya udang vaname secara intensif perlu memperhatikan dinamika kualitas air secara harian, penggunaan benur sehat, pakan berkualitas, dan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih,” ungkap Perekayasa Madya Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Ir. Warih Hardanu, M.Sc.  

 

Budidaya udang vaname teknologi intensif merupakan budidaya udang padat modal dan teknologi tinggi. “Karenanya, mengoptimalkan persiapan lahan merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam budidaya, khususnya udang vaname,” ungkap teknisi udang vaname PT Central Proteina Prima, Tbk Eli Riswandi, S.Kel.

 

Pada dasarnya, setiap kegiatan harus dilakukan dengan matang, baik dalam perencanaan maupun persiapannya. “Salah satu faktor utama penunjang keberhasilan ini adalah sterilisasi lahan dengan menggunakan disinfektan untuk membunuh carrier beserta virus yang dibawanya,” jelasnya.

 

Eli menambahkan, “Selain itu, pengukuran kualitas air dan tanah di laboratorium juga termasuk penunjang keberhasilan dalam budidaya vaname. Misalnya, kecukupan alkali, TOM, TAN, dan parameter-parameter kimia lainya.”

 

Budidaya udang vaname intensif memiliki porsi rasio lahan 4 : 6. Artinya, 40% untuk petak tandon dan 60% untuk petak pemeliharaan. “BLUPPB Karawang menerapkan rasio petak tandon : petak pemeliharaan udang sebesar 20—30 : 70—80,” ungkap Warih.

 

Soal padat penebaran pada sistem intensif, Eli mengatakan, “Padat penebaran pada budidaya udang vaname intensif sekitar 70—100 ekor/meter persegi, adapun ukuran benur yang ditebar PL9—PL11.”

 

Padatnya penebaran pada sistem intensif merupakan satu keunggulan, tetapi bukan tanpa masalah. “Kelebihan padat tebar intensif jelas meningkatkan produktifitas. Akan tetapi kelemahannya, penurunan kualitas air pemeliharaan sangat cepat sehingga menjadi pemicu timbulnya infeksi penyakit baik bakterial maupun viral,” ungkap Warih.

Selanjutnya baca di Majalah Info Akuakultur Edisi April 2015

Incoming search terms:

  • budidaya udang vaname 2016
  • kunci sukses budidaya udang vaname
  • sukses budidaya udang vaname
  • Vaname
  • FOTO PERSIAPAN LAHAN UDANG VANAME TAMBAK INTENSIF
  • kiat sukses budidaya udang vaname
  • cara sukses budi daya udang vanamei
  • Budidaya udang vaname
  • budidaya udang vaname apa penyebab kena penyakit mio apa
  • budidaya udang paname sukses

1 Comment on Kunci Sukses Budidaya Udang Vaname Intensif

  1. Terimakaish informasinya, salam kenal.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose