Kupas Budidaya Bawal Bintang Komoditas Alternatif Pengganti Kerapu

 

 

Jadi komoditas unggulan, target pertumbuhan bawal bintang lima tahun ke depan 31,5% per tahun. Berminat?

 

Mulai 2015, bawal bintang menjadi salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya.  “Target produksi bawal bintang di tahun 2015 masih 1.900 ton. Namun, target pertumbuhannya dalam kurun waktu lima tahun ke depan adalah 31,5% per tahun. Bawal bintang akan menjadi salah satu komoditas alternatif budidaya laut atau marikultur,”  kata  Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, dalam sinarharapan.co.id.

Bawal bintang merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya air laut. Kelebihannya, masa budidaya bawal bintang lebih pendek, yaitu sekitar 6 bulan. Sebagaimana dilansir dalam kkpnews.kkp.go.id, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung berhasil mengembangkan percontohan budidaya atau demonstrasi farming (demfarm) ikan jenis bawal bintang dengan pencapaian produksi hingga 25 ton di dua wilayah, yakni Ringung dan Tanjung Putus, Lampung.

Sebagian besar budidaya ikan bawal bintang di Provinsi Lampung berada di wilayah Kabupaten Pesawaran dan Lampung Selatan. Sementara sentra KJA berada di wilayah Ringgung, Ketapang, Pulau Tegal, Pulau Pahawang, sampai daerah Tanjung Putus.

Sebelumnya, jenis ikan yang dibudidayakan di wilayah tersebut adalah jenis kerapu (bebek, macan, sunu, kertang, cantik), cobia, dan kakap putih. Jenis  kerapu dan kakap putih merupakan jenis yang paling banyak dibudidayakan dan berorientasi ekspor. Seiring turunnya permintaan dan harga komoditas, terutama kerapu bebek, pembudidaya KJA di Lampung beralih melakukan budidaya ikan bawal bintang untuk meneruskan usahanya sejak 5 tahun  terakhir.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • pengganti ikan putih di keramba
  • ikan bawal putih lampung
  • Keramba bawal putih di lampung
  • keramba tanam ikan sunu
  • pakan alternatif budidaya kerapu
  • pakan alternatif krapu sunu di umur dua?

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose