Kupas Gizi Pakan Ikan Air Laut

Beda komoditas atau jenis ikan air laut, berbeda pula gizi pakan yang dibutuhkan.Ini pula yang menuntut ahli gizi atau nutrisi pakan ikan terus berkesperimen dalam menentukan formula komposisi bahan baku pakan yang tepat.

Inilah yang perlu diperhatikan di kalangan praktisi budidaya.Tak hanya bagi kalangan nutrisionis pakan ikan, melainkan sampai pada para pembudidaya ikan. Informasi seputar nutrisi memang seharusnya sampai dalam tataran praktik pemberian pakan di lapangan. Tanpa informasi valid seputar kebutuhan nutrisi ikan dan jumlah nutrisi yang terkandung dalam pakan, budidaya menjadi tidak efisien.

 

“Hal tersebut terkait dengan kebiasaan dan jenis pakan yang berbeda, termasuk dalam jenis karnivora, herbivora, atau omnivora,” ujar Wawan Andriyanto, M.Sc, peneliti muda sekaligus Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Penelitian dan Pengembangan, BBPPBL Gondol, Bali. Menurutnya, kebutuhan nutrisi pakan harus disesuaikan, khususnya protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

 

Kandungan nutrisi

Protein berperan penting sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan ikan laut. Berdasarkan penelitian oleh peneliti nutrisi dan pakan BBPPBL, kandungan nutrisi yang perlu diperhatikan dalam pakan buatan untuk beberapa komoditas ikan laut di antaranya Abalon 29—31%, kerapu 47,8—60%, dan kakap 40%. Abalon termasuk jenis herbivora, sedangkan kakap dan kerapu termasuk karnivora.

 

Dalam pakan ikan, lemak merupakan nutrien yang tidak kalah pentingnya. Lemak pakan berfungsi sebagai sumber energi dan sumber asam lemak esensial. Untuk kerapu, asam lemak esensial yang dibutuhkan yaitu n-HUFA. Sebagai contoh, kebutuhan lemak untuk ikan kerapu bebek mencapai 9—12% dan asam lemak essensial (n-3 HUFA) sebanyak 1,4%.

Vitamin dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan tubuh, dan reproduksi. Vitamin dibagi menjadi dua yaitu yang larut dalam lemak (vitamin A,D, E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air seperti riboflavin, vitamin C, thiamin, dan lain-lainya.

“Salah satu vitamin yang cukup penting diperhatikan adalah vitamin C.  Kekekurangan vitain C menampakkan gejala bengkok tulang, insang terbuka, rentan terhadap penyakit, dan aktivitas ikan menurun.  Kebutuhan vitamin C dalam pakan untuk ikan kerapu bebek adalah 3,0 mg/100 gram pakan,” ungkap Wawan mengutip pendapat Giri.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • penjelasan komposisi ikan air laut
  • pakan ikan air laut
  • apa makanan ikan papakulu air laut
  • makanan buatan ikan air laut
  • komposisi pakan air laut
  • kebutuhan kandungan nutrisi dalam pakan buatan bawal bintang
  • kandungan gii kan laut untuk paan ikan
  • fitamin dibutuhkan ikan laut
  • contoh formulasi pakan ikan air laut
  • sumber bahan pakan perikanan air laut

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose