Lebih Tangguh dengan Magic Float Interlocking System

Budidaya ikan di perairan umum seperti laut, danau, atau sungai tak hanya membutuhkan keahlian budidaya, tetapi juga sarana yang mendukung. Seperti Keramba Jaring Apung (KJA), dibutuhkan bahan dan konstruksi tangguh untuk menghadapi karakter perairan alam.

“Mampu menahan ombak setinggi 2 meter!” Itulah salah satu keunggulan KJA Magic Float Interlocking System yang dibeberkan Yan Kurniawan, Executive Director PT Global Mitra Teknik (GMT). Perusahaan yang fokus bergerak di bidang teknologi ramah lingkungan ini memang serius dalam membangun visi dan misinya. Bervisi sebagai pelopor dalam aplikasi konsep desain sistem yang hemat energi dan ramah lingkungan, serta menjalankan misinya sebagai partner bagi pihak pemerintah maupun swasta dalam mengimplementasikan konsep bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan, dengan dukungan produk-produk inovatif dan berteknologi tinggi.

Selain menangani bangunan atas air (terapung) dengan interlocking system, GMT juga teruji dalam bidang energi berkelanjutan. Terbukti dengan keberhasilannya menangani proyek pemasangan solar panel dengan konsep Building Integrated Photovoltaic (BIPV) di Gedung Balai Kota Jakarta pada tahun 2011-2012.

Interlocking system

Membangun bangunan atas air memang tak hanya asal bisa mengapung. Lebih dari itu, bangunan harus kuat dan mampu menahan gempuran arus dan gelombang. Di sinilah letak keunggulan Magic Float Interlocking System.

AK10 Advetorial 4 2Foto 2. Magic Float Interlocking System

Dari sisi bahan, Magic Float berbeda dengan fasilitas modular konvensional lainnya. Magic Float menggunakan material HDPE (High Density Polyethylene) dari Jerman, yang dapat didaur ulang 100%, tahan terhadap minyak, cairan asam, es, air laut, korosi, bahan kimia, dan sinar ultraviolet. “Bahan dasarnya dari Jerman, yaitu HDPE Lupolen 5261Z. Di Indonesia, walaupun banyak produk dari luar masuk, yang dari Jerman hanya Magic Float. Sementara bahan produk lain ada yang dari China atau pun Korea,” beber Yan.

Selain bahan, perbedaan mencolok lain Magic Float yaitu sistem ikatan yang digunakan. Magic Float menggunakan interlocking system, di mana permukaan kubusnya yang unik meningkatkan kapasitas bantalan beban geser dan lateral hingga lebih dari 50%, bila dibandingkan dengan desain permukaan datar pada kubus yang lain.

AK10 Advetorial 4 3Foto 3. Yan Kurniawan, Executive Director PT Global Mitra Teknik (GMT)

Luas area perikanan budidaya yang begitu luas menjadi potensi besar dan luar biasa. “Keramba jaring apung ini menarik perhatian dari Global Teknik. Sehingga kita bisa mendesain berbagai macam model, baik segiempat, oktagonal, atau terintegrasi dengan dermaga,” terang Yan Kurniawan. “Pemasangannya pun sangat praktis, hitungan hari. Jika terintegrasi dengan rumah, paling lama lima hari,” sambungnya.

AK10 Advetorial 4 4Foto 4. KJA segiempat dengan rumah jaga dan solar panel

AK10 Advetorial 4 5Foto 5. KJA heksagonal dengan rumah jaga dan solar panel

Diawali dari Inggris, model interlocking system terus dikenal dan dipatenkan secara internasional. Setiap negara maju memiliki satu distributor dengan pabrik di Taiwan.

Berdasarkan tes ilmiah, kemampuan beban maksimum dari sistem sisi permukaan datar pada Jet Float kurang dari 70% kekuatan beban maksimal kubus. Tes beban tersebut memperlihatkan bahwa sisi datar kubus mengalami pergerakan ke samping karena beban lateral yang lebih besar, dibandingkan kubus dengan desain interlocking.

Sementara itu, sisi permukaan Magic Float yang saling mengait—secara positif—mampu melawan gerakan lateral dan secara signifikan meningkatkan kekakuan dan stabilitas platform. Hasilnya, Magic Float memiliki kemampuan bantalan beban superior!

AK10 Advetorial 4 6 (kiri)AK10 Advetorial 4 6 (kanan)

Foto 6. Foto Magic Float (kiri) dan Jet Float (kanan)

“Kemampuannya menahan beban sebesar 360 kg per meter per segi. Sementara produk lain di bawah 100 kg per meter persegi. Kita bisa lompat-lompatan di atas keramba,” terang Yan.

Umur pakai KJA Magic Float Interlocking System mencapai di atas 25 tahun dengan harga yang bersaing. Selain daya apung tinggi dan kemudahan instalasinya, keunggulan Magic Float lainnya adalah umur produk dan minim perawatan. Bagi masyarakat pembudidaya, keuntungan penggunaan KJA Magic Float tak perlu mengkhawatirkan kerusakan meskipun tanpa perawatan. Keberadaan teritip dan lumut yang menempel justru untuk menciptakan ekosistem alami. “Keberadaan mereka mengundang ikan-ikan kecil untuk memakannya dan membesar. Dengan demikian akan terus berkelanjutan. Betul-betul ramah lingkungan,” tandas Yan.

Produk lain

Di luar negeri, penggunaan Magic Float merambah kepentingan pembuatan perahu dan sarana pemancingan. Begitu pula produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang terletak di Jl. Kedoya Angsana Raya, Blok A2/31, Kedoya, Kebun Jeruk, Jakarta Barat ini. Selain Keramba Jaring Apung, beberapa produk yang ditawarkan di antaranya: (1) dermaga apung, (2) dermaga ponton, (3) jembatan terapung, (4) resort terapung, (5) sarana rekreasi terapung, (6) sarana pemancingan terapung, dan (7) ponton pengangkut sampah sungai.

Beberapa proyek yang telah dipasang di antaranya Dermaga Apung Muara Angke, sebagai dermaga penumpang untuk Jakarta dan Pulau Seribu. “Saat itu diresmikan oleh Gubernur DKI Bapak Fauzi Bowo (Foke). Sampai saat ini masih terpasang di sana,” aku Yan.

“Tahun lalu, kita ada pesanan salah satunya armada angkuta sampah sungai dari Pemda DKI. Jadi untuk membersihkan sungai di seluruh DKI. Sampah sampai 4—5 ton tidak ada masalah. Dengan dilengkapi motor tempel untuk tenaga penggerak.”

Dengan desain unik interlocking system yang telah dipatenkan secara internasional, tekanan yang dibebankan ke cuping pada modular berkurang secara signifikan sehingga membuatnya jauh lebih unggul. Dengan segala keunggulannya, Magic Float Interlock System lebih unggul dibandingkan modular lainnya. (Advetorial/Rch)

Incoming search terms:

  • ponton ikan dari drum
  • inovasi dan teknologi keramba jaring apung
  • harga kubus apung hdpe lupolen 5261z
  • harga kubus apung hdpe
  • harga kja magic float
  • harga dermaga apung hdpe
  • harga aquatec floating#spf=1
  • desain dermaga apung
  • contoh model rumah di keramba apung
  • tips perawatan ikan lele dalam keramba jaring tempel

1 Comment on Lebih Tangguh dengan Magic Float Interlocking System

  1. selamat sore…
    saya mau tanya berapa harga untuk permeter persegi berikut biaya pemasangan Magic Float dan apakah memungkinkan untuk dipasang sendiri?thanks

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose