Manfaatkan Biofilter pada Tambak Sistem Resirkulasi

Satu sisi, teknologi dan metode budidaya udang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Namun, di sisi lain, kualitas lingkungan sebagai faktor pendukung dalam keberhasilan budidaya mengalami kerusakan yang semakin parah.

Kerusakan lingkungan tak terlepas dari beragam faktor, misalnya pertambahan jumlah penduduk, perluasan kawasan industri, pertanian, peternakan, bahkan industri perikanan. Sebagai contoh, para petambak di kawasan pekalongan menghadapi menurunnya kualitas air tambak karena cemaran industri. Hal ini menjadi salah satu masalah utama para petambak dan budidaya udang vaname dan udang windu.

Menurunnya kualitas lingkungan yang tercemar ikut andil dalam memicu terjadinya serangan penyakit pada udang budidaya. Lingkungan yang buruk, terutama air tambak dapat memicu perkembangan bibit penyakit sehingga menyebabkan wabah bahkan kematian pada udang.

Pada udang windu, serangan penyakit biasanya terjadi setelah 1 hingga 2 bulan penebaran di tambak. Pasalnya, pada waktu tersebut, banyak bahan organik yang sudah tertimbun di dalam air tambak. Hal ini tentu saja menurunkan kualitas air sehingga dapat memicu terjadinya serangan penyakit.

Budidaya udang windu

Meskipun skala produksi tidak sefantastis udang vaname, budidaya udang windu masih diminati oleh sejumlah kalangan para petambak, terutama para petambak kecil. Hal ini tak terlepas dari masih tingginya permintaan pasar terhadap jenis udang ini. Faktor tertinggalnya industri udang windu dibanding udang putih vaname, karena sejumlah faktor. Salah satunya yaitu akibat wabah penyakit WSSV yang memukul telak industri udang windu nasional beberapa dasawarsa silam.

Selanjutnya, faktor lainnya terkait dengan kendala teknis. Seperti diketahui, udang windu, tidak seperti vaname, memiliki daya tahan yang relative rendah. Di samping itu, sulitnya rekayasa genetis pada udang windu membuat para ilmuwan mengalami kendala dalam menghasilkan benih unggul yang tahan terhadap serangan penyakit.

Faktor teknis lainnya yaitu akibat menurunnya kualitas dan daya dukung lingkungan. Kondisi ini sangat berpengaruh pada daya tahan udang windu. Kondisi lingkungan buruk yang tercemar memicu merebaknya bibit penyakit dan menurunkan daya tahan udang terhadap serangan penyakit. akibatnya bisa ditebak, tingkat kelulusan hidup udang menjadi sangat rendah yang sangat merugikan petambak.

Tambak biofilter sistem resirkulasi

Sistem resirkulasi merupakan satu jawaban untuk mengatasi dua persoalan. Pertama, sistem ini menjadi solusi untuk menyiasati buruknya kualitas lingkungan, terutama air tambak yang dipadukan dengan menerapkan teknologi biofilter. Teknologi ini diakui mampu memperbaiki tingkat kualitas air sehingga dapat digunakan untuk budidaya. Yang kedua, teknologi ini diharapkan mampu menekan laju pencemaran perairan umum, misalnya yang ada di sungai dan laut dari cemaran organik dari industri akuakultur. Pasalnya, air buangan dari tambak tidak serta merta dibuang ke badan air umum. Alih-alih, air buangan dialirkan kembali ke saluran masuk tambak dengan mengalami pengolahan terlebih dahulu.

Menurut Rahmat Fadil, peneliti dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, sistem akuakultur resirkulasi telah lama diterapkan oleh sejumlah negara maju, seperti negara-negara Eropa dan Amerika. Merunut ke asalnya, sistem akuakultur resirkulasi ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat di tahun yang terbilang cukup lama, 1960. Muasalnya, sistem ini diterapkan karena adanya temuan air sungai yang tercemar bahan organik yang berasal dari industri akuakultur. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah setempat mulai menggunakan RAS untuk kegiatan akuakultur.

Sistem tambak biofilter resirkulasi sangat cocok diterapkan pada daerah-daerah yang memiliki keterbatasan sumberdaya air. Selain itu, sistem ini juga sangat tepat digunakan pada daerah yang kualitas sumber airnya rendah, misalnya karena adanya cemaran rumah tangga, industri, dan lain sebagainya.

Selanjutnya Baca di majalah Info Akuakultur

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose