Memperhatikan Kesehatan Udang dan Lingkungan

Spread the love

Pada 9 April 2018, tim redaksi Majalah Info Akuakultur yang diwakili oleh Resti Setiawati berkesempatan mengunjungi PT Central Proteina Prima yang berada di Gedung GKBI Jl. Sudirman lantai 19 – Jakarta.

 

Kami disambut dengan hangat oleh Head Marketing and Technical Partner all Indonesia Ir. Bambang Indiadie ditemani Head of Animal Health Service Heny Budi Utari, Ph.D, serta Stephanie Endang M.S, dan Dr. Yuri Sutanto.

IMG_5217

Kali ini tujuan kami berdiskusi mengenai perkembangan penyakit pada budidaya udang, selain itu tentunya sebagai ajang silaturahmi sekaligus menjaga hubungan baik dengan PT Central Proteinaprima.

 

Menurut informasi yang didapat White Feces Disease (WFD) saat ini menurun tajam, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dimungkinkan petambak semakin bertambah wawasannya karena ikut berperan aktif dalam kegiatan seminar atau pertemuan kecil, juga sudah sadar harus melakukan prefentif tinggi.

Untuk White Spot Syndrome Virus (WSSV), muncul di akhir tahun 2017 dari mulai November –  februari sempat tinggi dibeberapa lokasi. sekarang menurun mungkin karena sudah tidak terlalu sering hujan, namun masih ada di spot-spot tertentu yang sering hujan.

Kasus Infectious Myonecrosis Virus (IMNV) ini malah mulai naik, kalau wilayah Jawa Timur sudah beberapa tahun lalu itu tinggi sekarang turun, yang naik adalah wilayah Jawa Barat bagian Selatan karena banyak sekali tambak-tambak baru dengan kepadatan tinggi dan ganti air yang cukup tinggi, dan kasus IMNV tertinggi di Indonesia ditemukan di Lampung dan Bengkulu. (Resti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *