Mesin Cetak Uang

Pesta olah raga dunia Olimpiade merupakan kegiatan bergengsi bagi negara manapun yang dipercaya sebagai tuan rumah. Itu sebabnya berbagai negara berlomba-lomba untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Namun pada saat awal Oimpiade diselenggarakan, tuan rumah olimpiade  selalu menghabiskan uang negara yang cukup banyak demi suksesnya kegiatan kelas dunia tersebut.

Untuk memperkecil kerugian, penyelenggara biasanya melarang stasiun TV untuk menyiarkan langsung kegiatan akbar tersebut. Alasannya, jika stasiun TV melakukan siaran langsung maka stadion akan kekurangan penonton dan pendapatan dari penjualan tiket bisa merosot.

Begitulah yang terjadi bertahun-tahun. Situasi itu berubah ketika AS menjadi tuan rumah Olimpiade.  Negeri Paman Sam ini mengubah cara pandangnya terhadap olimpiade. Jika semula stasiun TV tidak boleh melakukan siaran langsung, maka tuan rumah AS membebaskan stasiun TV untuk meliput dan melakukan siaran langsung. Dengan adanya siaran langsung tersebut, stasiun TV bisa memperoleh iklan yang banyak, sehingga penyelenggara bisa menerapkan hak siar kepada stasiun TV dengan tarif tertentu.

Demikian pula nilai sponsor berupa banner yang terpasang di pinggir lapangan, tarifnya bisa dinaikkan beberapa kali lipat karena penyelenggara menjamin logo atau iklan perusahaan akan dilihat oleh jutaan pasang mata di berbagai negara, bukan hanya dilihat oleh penonton yang berada di lapangan sebagaimana biasanya.

Sejak itulah penyelenggara olimpiade bisa memperoleh pendapatan yang besar dari penjualan hak siar dan sponsor sehingga bisa menutupi biaya penyelenggaraan. Bahkan kemudian, oimpiade bukan hanya berdampak pada ramainya pertandingan melainkan juga meningkatnya arus wisata pada dan setelah momen olimpiade.

Inilah yang disebut money making model, jika dulu olimpiade merugi dan menguras APBN karena belum menemukan money making model yang sesuai, sekarang olimpiade menjadi sebuah kegiatan bisnis yang menguntungkan. Sejak berubah modelnya, pendapatan meningkat tajam.

Kekhawatiran bahwa dengan siaran langsung membuat lapangan pertandingan jadi sepi penonton, ternyata tidak terbukti. Masyarakat justru semakin penasaran ingin melihat langsung karena berbagai stasiun TV mempromosikan jadwal pertandingan dan profil para atlet dari berbagai negara.

Banyak hal bisa berubah dari merugi menjadi untung ketika sudah menemukan money making model alias pola mesin cetak uangnya. Ketika internet mulai dipakai oleh masyarakat umum, banyak orang mencari cara bagaimana kemudahan komunikasi melalui internet bisa menghasilkan uang.

Awalnya toko online dirancang dengan memindahkan model toko konvensional menjadi lay out website. Asumsinya, orang makin malas pergi ke swalayan dan akan memilih belanja online. Itu terjadi di periode menjelang awal abad 21. Ternyata banyak perusahaan berbasis internet  berguguran pada saat itu. Karena belum menemukan model mencetak uang yang tepat, idenya hanya memindahkan toko offline menjadi online.

Barulah setelah berkembang berbagai  model bisnis market place seperti tokopedia, OLX dan sebagainya, mulai terbentuk model mencetak uang. Tokopedia tidak memindahkan toko offline, tapi cukup menyediakan tempat jualan untuk UKM.

Begitupun sistem transportasi online, bukan dibuat dengan memindahkan taksi konvesional menjadi online, namun justru membuat model sharing economy dimana semua orang berhak memiliki taksi.

Perkembangan model baru dalam e-commerce adalah contoh perubahan cara pikir tentang money making model yang berpengaruh sangat besar bagi  pola bisnis di seluruh dunia. Model bisnis baru market place, portal berita, social media, search engine dan sebagainya telah mengubah cara-cara menjual barang dan jasa di dalam negara dan antar negara. Jenis pendapatan pun berkembang dengan model baru misalnya google adsense, pay per click, pay per sales dan sebagainya.

Namun perlu diingat money making model bukan hanya perlu untuk bisnis modern. Di bisnis konvensional kini juga perlu pemikiran kreatif untuk menciptakan penghasilan yang lebih efektif. Kalau anda berjualan ayam goreng, apakah pendapatannya paling banyak dari penjualan ayam goreng? Belum tentu. Bisa saja dari minumannya.

Dengan begitu Anda bisa merancang usaha ayam goreng yang relatif murah untuk mendongkrak penjualan jus, air putih, teh manis dan jenis minuman lainnya yang biasanya mencetak margin keuntungan lebih besar.

Apakah beternak sapi potong hasil utamanya harus dari penjualan sapi? Di Sulawesi Selatan ada peternak sapi yang  penghasilan utamanya dari pupuk organik dan probiotik. Peternak ini sangat kreatif menciptakan model “mesin cetak uang”.

Cobalah Anda pikirkan, kenapa google menyediakan informasi apa saja yang kita butuhkan secara gratis. Kenapa social media seperti facebook, twitter, Line gratis untuk kita semua? Itulah hasil inovasi tentang money making model. Mereka tidak menjual informasi, melainkan mengumpulkan banyak orang dan menjual space iklan.

Bagaimana dengan bisnis Anda?

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose