Pakan Artha Wonokoyo, Spesialis Untuk Ikan Bawal

Foto 7

Memilih pakan berkualitas itu wajib, apalagi ditambah dengan pendampingan eksklusif dari perusahaan pakan yang baik dan solid.

Prospek ikan bawal air tawar di Indonesia saat ini cukup bagus sebagai pengganti ikan bawal air laut, saat ini ikan bawal air tawar hanya ada dibudidaya di Waduk Cirata saja karena memiliki kultur yang cocok untuk pemeliharaan ikan bawal.

Potensi ikan bawal di pasar cukup bagus, terlihat dari penjualan pakan sekitar 3000 ton perbulan untuk pemeliharaan di Waduk Cirata. Pakan Artha Wonokoyo (AW) sudah sangat dikenal sebagai pakan spesialis untuk ikan bawal. “Saat ini, Pakan Artha Wonokoyo sudah menguasai pasar pakan khusus ikan bawal sekitar 65%,” ungkap Technical Service & Sales Representative (TSSR) Wonokoyo, Adi Dianadi.

Adi menambahkan, Pakan Artha Wonokoyo memiliki kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan ikan bawal sekitar 24 – 26%. Keunggulan lainnya adalah terlihat dari hasil ikan bawal saat panen, berwarna merah dan dagingnya padat, berbeda dengan penggunaan pakan dari kompetitor lain saat panen ikan bawal cenderung berwarna silver.

“Ketika ikan yang dilelang di Jakarta terjual sangat cepat, sebab para bandar suka dengan ikan bawal yang berwarna merah segar. Feed Conversion Efficiency (FCE)-nya untuk petani dan merahnya untuk bandar, jadi sangat membantu pembudidaya, penjual, pemasar ikannya, karena panennya dalam bentuk mati bukan panen hidup atau panen blong langsung dimasukan ke drum es,” tambahnya.

Jalin kedekatan dengan pelanggan

Technical Service & Sales Representative (TSSR) Wonokoyo, Galih Suryo Muktiono, Foto 2(1)mengatakan, Wonokoyo selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan para pelanggan. Pendekatan ke pelanggan tidak hanya kepada agen tapi sampai ke tingkat sub agen dan pembudidaya.

“Kami disini bekerja sebagai tim, di lapangan ada yang biasa terjun langsung mendatangi setiap KJA, sehingga jika ada komplen dari pembudidaya kami langsung respon dengan cepat, sehingga pembudidaya merasa ada perhatian dari pihak kami bahkan ketika ada keluhan langsung disampaikan ke atasan sampai ke bagian formulasi, semboyan kami “tidak pakai lama” jelas Galih.

Foto 3(1)Para pembudidaya ikan bawal di Waduk Cirata sudah mempercayakan pakan dari Wonokoyo, sebab dari pihak Wonokoyo memberikan servis 100% dari segi kualitas. “Ketika ada komplen kami langsung respon, seperti ketika hari ini komplen hari ini juga jika sedang berada di KJA atau paling telatnya besok, langsung kami datangi dan langsung sampai ke atasan sehingga langsung ada perbaikan,” ungkap Technical Service (TS) wonokoyo, Adam Haryani.

 

 

 

Pendampingan ekstra

Kata Adi, bagi PT Wonokoyo sebagai distributor pakan bagi para pembudidaya di Cirata, kepuasan pelanggan adalah yang paling utama. Oleh sebab itu, tim selalu memberikan pendampingan ekstra.

Foto 4(1)Menurut pembudidaya dari Waduk Cirata, H Sukida, yang juga sudah menjadi Agen Wonokoyo sejak tahun 2002, bekerja sama dengan PT Wonokoyo Jayakusuma sangat menguntungkan, karena tidak hanya bisnis, disamping produknya yang berkualitas, selalu diberi pendampingan oleh tim Wonokoyo.

“Bahkan dukungan psikologis dari tim Wonokoyo kepada pembudidaya disaat kondisi carut marut seperti harga ikan jatuh, cuaca kurang baik, marketing dari Wonokoyo membantu menata distribusi, membantu memasarkan ikan, pendampingan yang sampai seperti ini saya rasa tidak dimiliki pabrik lainnya,” ujar H Sukida.

Lanjut H Sukida, marketing dari PT Wonokoyo Jayakusuma dikenal bertanggung jawab baik internal dalam pabrik, maupun eksternalnya yang mengawal, mengarahkan bagaimana budidaya yang baik, benar dan menguntungkan. “Wonokoyo harus terus berinovasi, sebagai salah satu pabrik pakan yang bertanggung terhadap pembudidaya dan itu harus jalan terus, jangan sampai ditinggalkan,” tambahnya.

Untuk membuktikan kualitas pakan dan service yang diberikan PT Wonokoyo Jayakusuma, Redaksi Majalah Info Akuakultur mendatangi KJA milik pembudidaya asal Ciputri, Cirata, Cianjur H. Anwar yang menggunakan Pakan Artha Wonokoyo.

Saat panen ikan bawal, yang menggunakan Pakan Artha Wonokoyo, terlihat ikan bawal berwarna merah segar, setelah lama pemeliharaan 40 hari, dengan ukuran benih tebar 5 – 7 cm di peroleh hasil panen 2.012 kg, ukuran ikan panen 1 kg ada 4 – 5 ekor bawal, dengan pemberian pakan selama satu siklus 2.000 kg, terbukti ikan keluar  100 %.

H. Anwar mengatakan, “terbukti dengan menggunakan pakan dari Wonokoyo daging ikan lebih tebal dan gemuk sehingga bobot tubuh ikan yang diperoleh saat panen banyak,” tegasnya.

Salah satu bandar ikan bawal, Ujang, mengakui bahwa pakan Artha Wonokoyo ini sangat istimewa karena sesuai dengan permintaan pasar yaitu ikan bawal berwarna merah, cepat habis, dan sangat laku di pasaran dibandingkan ikan bawal yang berwarna silver, selain itu ujang menerima ukuran ikan ukuran 4 – 8 ekor/kg.

Tidak hanya sampai di situ, menurut H Dudun pembudidaya ikan bawal yang juga sub Foto 5agen dari Desa Margaluyu Kabupaten Bandung Barat,  ia budidaya ikan bawal sejak tahun 2006, ia sudah menggunakan beberapa produk pakan dan hasilnya kurang menguntungkan karena hasil panen ikan bawal berwarna silver sehingga di pasaran kurang laku.

“Ada juga produk pakan yang lain hasil bawal berwarna merah namun hasil panennya sedikit. Akhirnya saya pakai produk pakan Artha Wonokoyo hasilnya sangat menguntungkan karena ikan bawal berwarna merah dan panenya juga banyak,” jelasnya.

Foto 6Tidak jauh berbeda dengan H Dudun, sub agen H Najarudin yang ditemui saat packing ikan bawal ukuran benih tebar 5 – 7 cm untuk di angkut ke KJA miliknya mengatakan, hasil dari penggunaan pakan Artha Wonokoyo sangat memuaskan, kenyamanan dalam berusaha dan berbudidayanya juga menguntungkan.

“Tim dari Wonokoyo memberikan pendampingan yang sangat baik, bahkan kami sudah dianggap sebagai keluarga dan mitra,” jelas H Najarudin. (Adv/Resti)

 

 

 

Incoming search terms:

  • Harga pakan ikan bawal
  • perusahaan pakan ikan bawal bintang
  • pakan arta buat bawal wonokoyo
  • harga pakan ikan artha
  • budidaya bawal cirata
  • Daftar harga pakan ikan bawal bintang
  • harga pakan wonokoyo
  • jual pelet ikan bawal bintang
  • Daftar ukuran pakan utk ikan bawal bintang
  • daftar harga pakan artha

2 Comments on Pakan Artha Wonokoyo, Spesialis Untuk Ikan Bawal

  1. madhalyani // May 5, 2017 at 8:17 am // Reply

    minta info harga pakan ikan bawal air tawar, ada ga di daerah bogor

  2. Saya bisa pesan pakan ikan bawal? apa bisa dikirim ke parung/bogor? ada contact untuk pemesanannya? trims.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose