Pakan Fungsional dalam Akuakultur

Pada saat tertentu pakan ikan membutuhkan zat pakan atau non pakan agar ikan menunjukkan hasil tertentu. Inilah yang disebut pakan fungsional. Pakan fungsional bukanlah suplemen tetapi pakan utuh yang diperkaya dengan bahan tambahan pakan dengan klaim fungsi tertentu.

 

Pada saat gonad mulai matang, induk ikan mengurangi asupan pakannya. Membesarnya gonad mengecilkan volume saluran pencernaan. Dengan begitu, induk  mengambil cadangan makanan dari lemak tubuh dan otot untuk pembentukan telur. oleh karenanya pemberian pakan pra pematangan yang berkualitas sangat diperlukan. Cadangan makanan yang berkualitas menentukan gonad yang berkualitas. ini diperlukan terutama bagi ikan yang fase interval pemijahannya lama. sedangkan pakan pematangan diarahkan untuk membantu pembentukan hormon reproduksi.

Proses pra pematangan dan pematangan gonad membutuhkan nutrisi esensial yang seimbang. Kekurangan protein akan menghambat pembentukan vitellogenia yakni protein yang dibuat di hati dan khusus disimpan pada telur. Selain itu pembentukan hormon protein yang berhubungan dengan reproduksi juga terhambat seperti GnRH (gonadotropin releasing hormon). Hormon steroid seperti prostaglandin juga berperan dalam reproduksi dan membutuhkan asam lemak dan membutuhkan asam lemak esensial sebagai bahan dasarnya.

Selanjutnya baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • pakan fungsional adalah

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose