Pembenihan Kakap Putih

 

 

Terapkan teknologi pembenihan yang bagus, Ambon andalkan kakap putih.

 

Direktut PT. Bali Barramundi, I Ketut Bagus Irawan,  memandang budidaya ikan sebagai peradaban baru yang berkembang dari penangkapan, karena didalamnya ada pelestarian  sumberdaya hayati dan lingkungan. Potensi sangat erat kaitannya dengan iklim, budidaya perikanan di Indonesia ini sangat diuntungkan dengan iklim tropis.

 

Potensi juga terkait dengan luasnya perairan laut Indonesia, sebagai media budidaya dimana ¾ persennya adalah lautan, sehingga prospek dan potensi budidaya khususnya kakap putih sangat cerah. Pembenihan berkaitan dengan pasar konsumsi dari kakap putih yang sangat terbuka baik dalam negeri maupun mancanegara.

 

Ikan kakap putih telah dapat dipijahkan dan dikuasai teknologinya sehingga ketersediaan benih dapat terjamin. Salah satu contohnya, BPBL Ambon dalam hal perkembangan teknologi pembenihan yang sudah sangat bagus dan signifikan, dengan beberapa komoditas yang sudah dapat dibenihkan seperti kerapu bebek, kerapu macan, ikan hias laut dan  kakap putih.

 

Pengawas Perikanan Pembudidaya Ikan, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Yusran Rahman, mengatakan, prospek pembenihan kakap putih di Ambon sangat baik dikarenakan potensi lahan budidaya masih besar dan budidaya kakap putih dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat. Didukung harga jual yang cukup bagus dengan peluang pasar lokal dan ekspor tinggi, sehingga sangat menjanjikan untuk dibudidayakan di Ambon

 

Lanjutnya, teknologi pembenihanpun sudah dapat dikuasai, karena mudah di pelihara, masa pemeliharaan yang relative singkat serta dapat di pelihara dengan kepadatan tinggi pada wadah pemeliharaan, dan tingkat SR yang cukup tinggi, sehingga masyarakat dapat mencontoh teknologi yang diterapkan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Ketut menambahkan, cara budidaya kami masih dengan sistem konvensional yang tak lepas dari Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dengan standard nasional. “Setelah melakukan pembenihan, tahap selanjutnya pemeliharaan di keramba jaring apung  sampai mencapai ukuran konsumsi 0,5 kg – 3,0 kg, serta harga ikan kakap putih ukuran konsumsi  saat ini berkisar 50rb – 60r/kg,” jelasnya.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • harga ikan kakap putih
  • jual benih kakap putih
  • penjual bibit ikan kakap putih
  • info kakap putih
  • harga ikan kakap putih 2016
  • harga kakap putih
  • harga bibit ikan kakap putih
  • harga panen ikan kakap putih
  • harga bibit kakap putih
  • gerosir bibit kakap putih

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose