Pembenihan Kerapu Macan di BBIP Busung Kabupaten Simeulue

 

Budidaya ikan kerapu telah dilakukan di beberapa tempat di Indonesia. Namun, dalam proses pengembangannya masih menemui kendala keterbatasan benih.

Aceh memiliki dua balai pembenihan yaitu Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Ujung Batee – Kabupaten Aceh Besar dan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Desa Busung – Kabupaten Simeulue. Menurut Muhammad Daud, S.Pi., M.Pi., Kasie Prasarana dan Tata Ruang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue, BBIP Simeulue mengembangkan pembenihan kerapu macan sejak tahun 2011. Daud mengungkapkan, prospek budidaya ikan kerapu macan di Kabupaten Simeulue sangat menjanjikan karena pemasarannya bisa langsung diambil di lokasi budidaya di Kabupaen Simeulue oleh pengusaha lokal dan luar negeri.

“Masa pemeliharaan kerapu macan dari bibit sampai masa panen butuh waktu 9—10 bulan, yang berat ukuran konsumsi per ekor rata-rata 500 g/ekor dihargai Rp 100.000—Rp 120.000 per kg-nya,” tambahnya. Sementara itu, lanjut Daud, pakan yang diberikan pada bibit kerapu berupa pelet. Pada ukaran 4 cm ke atas, kerapu sudah diberi berupa pakan ikan rucah sampai masa panen ukuran 500 g/ekor.

Teknik pembenihan

Dalam laporan PKL-nya, Edi Raflisan, salah satu mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Teuku Umar, Meulaboh-Aceh Barat, menjelaskan bahwa ada beberapa teknik pembenihan yang dilakukan di BBIP Busung Kabupaten Simeulue, yang meliputi beberapa hal berikut.

  1. Persiapan bak

Sebelum digunakan, bak pemeliharan induk dan bak pemeliharaan larva dikeringkan terlebih dulu, lalu dinding dan dasar bak disiram dengan kaporit serta dibiarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, lakukan penyikatan dan pembilasan. Setelah selesai pembersihan, isi air sampai penuh dan biarkan selama satu hari. Setelah satu hari, air dalam bak tersebut dibuang, lalu diisi kembali sampai penuh. Media pemeliharaan siap digunakan.

  1. Seleksi induk

Induk ikan kerapu  macan di BBIP Busung Simeulue berasal dari alam, yaitu hasil tangkapan nelayan. Induk jantan yang digunakan berukuran panjang 74—77 cm dan berat 8—10 kg/ekor, sedangkan induk betina berukuran panjang 60—68 cm dan berat 5—7 kg/ekor.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • bbip busung
  • bbip busung kab simeulue
  • berapa panjang kerapu macan bila berat perekor 600gram
  • judul magang tentang pembenihan ikan kerapu macan
  • judul pkl di BBAP ujung batee aceh
  • laporan teknik pembesaran ikan kerapu macan
  • Panjang dan berat induk kerapu macan perekor
  • pengusaha kerapu simeulue

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose