Pembenihan Teripang Pasir

Banyak pihak yang mencari teripang, karena harganya yang menggiurkan di pasar lokal sendiri, harga teripang Rp 30.000 – Rp 150.000/kg. Untuk melestarikannya BBPPBL Gondol – Bali dan BBPBL Lampung mengupayakan pembenihan teripang pasir.

 

Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor teripang kering terkemuka, selain Filipina dan Kaledonia baru. Perekayasa Madya, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung, Dwi Handoko Putro, A.Pi. mengatakan, “Teripang mempunyai prospek pasar yang menjanjikan, karena sampai saat ini permintaan belum pernah tercukupi. Namun, sedikit sekali yang melakukan upaya pembenihan,” ujarnya.

 

Berdasarkan data produksi dari Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, produksi teripang tahun 2010 sebesar 476 ton, tahun 2011 sebesar 219 ton, tahun 2012 sebesar 475 ton, tahun 2013 sebesar 205 ton, dan tahun 2014 hanya sebesar 138 ton. Penurunan yang terus terjadi diakibatkan karena penangkapan berlebih di alam.

 

Senada dengan hal tersebut, Peneliti, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut (BBPPBL) Gondol, Ir. Sari Budi Moria Sembiring, M.Biotech, mengatakan, “jika mengandalkan stok alami yang jumlahnya terbatas dan tergantung dari musim, maka ekspor teripang belum dapat dijamin kontinuitasnya,” jelas Sari.

 

Pembenihan

Kegiatan pembenihan di BBPBL Lampung, diawali dari seleksi induk yang berukuran 500 – 1000 gram, pada pagi hari antara pukul 08.00 – 09.00. Induk yang dipilih adalah yang sehat dan gemuk.

 

Tahapan selanjutnya, menempatkan induk dalam keranjang 4 – 5 ekor dan digantung 5 cm di bawah permukaan air hingga sore hari. Lokasi yang digunakan untuk menggantung induk di BBPBL Lampung adalah kolam air laut.

 

Berbeda dengan BBPPBL Gondol, pemeliharaan induk menggunakan bak beton atau fiberglass berbentuk persegi dengan ukuran 1.0 x 0.7 x 0.5 m2. Kemudian, bagian dasar bak diisi dengan pasir yang telah dicuci dengan air tawar sebagai substrat.

 

Pemijahan dalam bak fiberglass, induk yang akan dipijahkan sebanyak 20 ekor/bak. Tujuannya untuk memperbesar peluang diperoleh induk jantan dan betina yang matang gonad. Serta pergantian air pada bak pemeliharaan, diterapkan sistem air mengalir.

 

Handoko menerangkan, setelah dilakukan penjemuran  8 – 9 jam, suhu air di kolam laut dapat mencapai 31 – 32 ˚C. Pada sore harinya induk dibawa ke laboratorium untuk dicuci menggunkan air laut bersih dengan suhu normal sekitar 27 – 28 ˚C.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • teripang pasir
  • jual bibit teripang
  • tripang pasir
  • jual benih teripang
  • bbpbl jual benih teripang
  • sistem budidaya teripang pasir di/balai/bali
  • bibit taripang hybrid
  • contoh laporan benih teripan pasir 2016
  • usaha budidaya teripang di bali
  • Contoh Alat dan Bahan yang di gunakan dalam kerja pemeliharaan benih dan larva teripang pasir oleh sari budi moria sembiring M biothec di gondol bali

2 Comments on Pembenihan Teripang Pasir

  1. mau tanya ne, bisakah kita lakukan budidaya teripang mulai dari pembenihan sampai dengan pemanenan di kolam buatan? kalau bisa tolong beritahukan prosesnya secara detil.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose