Pemeliharaan Kualitas Air Tetap Optimal

Ibarat manusia, air bagi ikan merupakan sumber kehidupan. Darinya, ikan memperoleh sumber makanan dan oksigen. Begitu pula, daam budidaya ikan air tawar, kualitas air yang baik menjadi faktor yang tak bisa ditawar – tawar.

Tak berlebihan jika kualitas air kolam menentukan tingkat keberhasilan dalam budidaya ikan. Air kolam yang berkualitas baik akan membuat ikan sehat dan produktivitas kolam meningkat. Sebaliknya, kondisi air yang buruk menyebabkan kegagalan dalam pemeliharaan ikan.

Bagi ikan, air tidak hanya menjadi sumber oksigen, tetapi juga sumber makanan.    Banyak jasad renik dan mikroorganisme yang hidup di dalam air menjadi sumber pakan alami bagi ikan. Dengan begitu, parameter – parameter penentu kualitas air yang disediakan oleh air harus menjamin dua kebutuhan tersebut.

Setidaknya, ada empat parameter utama yang menjadi penentu kualitas air, yaitu suhu, tingkat keasaman, kandungan oksigen terlarut, dan salinitas. Di samping itu, ada satu faktor lain yang tak kalah penting, yaitu faktor total zat padat terarut.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

 

Incoming search terms:

  • kualitas air pemeliharaan
  • pemeliharaan kualitas air kolam

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose