selamat ulang tahun yang ke-3

Spread the love

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Akuakultur…..

 

 

Pembangunan sektor perikanan termasuk perikanan budidaya merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Hal ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia di semua lini kegiatan ekonomi.

 

Kontribusi hasil pembangunan sektor perikanan terhadap pembangunan nasional dapat dilihat dari capaian PDB perikanan Tahun 2017 sebesar 6,75% atau naik 31% dari PDB tahun 2016 dan lebih tinggi dari rata-rata PDB Nasional sebesar 5,03%. Artinya secara makro ekonomi, sektor perikanan memiliki peran cukup strategis bagi perekonomian nasional.

 

Khusus untuk pembangunan perikanan budidaya, keberhasilan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti iklim usaha yang semakin membaik dan efisien, hal ini tampak dari Nilai Tukar Usaha Pembudidaya Ikan (NTUPI) tahun 2017 yang mampu menembus angka 111,26 naik dibanding tahun 2016 sebesar 109,56. Rataan pendapatan pembudidaya ikan juga naik dari Rp. 3,021 juta/bulan di tahun 2016 menjadi Rp. 3,3 juta/bulan pada tahun 2017, begitu juga produksi perikanan budidaya terus mengalami kenaikan rata-rata 11,5% per tahun.

 

Semua pencapaian dan kesuksesan tersebut tidak terlepas dari hasil kerja bersama semua pemangku kepentingan sektor perikanan budidaya, baik pemerintah, akademisi, praktisi dan tak kalah penting insan pers.

 

Pers merupakan jembatan penghubung yang efektif dan dinamis bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berkomunikasi, berdiskusi, menyampaikan pendapat maupun hal konstuktif lainnya. Oleh karena itu, kami akui pers merupakan katalisator yang efektif bagi akselerasi pembangunan perikanan budidaya.

 

Memasuki usianya yang ke-3 tahun, kehadiran Majalah Info Akuakultur sebagai bagian dari pers nasional semakin terasa bagi pembangunan perikanan budidaya dengan berbagai kontribusi positif melalui liputan dan publikasi jurnalistiknya yang berbobot dan mencerahkan.

 

Sebagai apresiasi, saya ucapkan “selamat ulang tahun yang ke-3” kepada Majalah Info Akuakultur. Semoga di usia yang makin beranjak “remaja”ini, terus mampu menyajikan hasil kegiatan jurnalistik yang semakin informatif, konstruktif, berimbang dan kekinian.

 

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

 

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya

 

 

Dr. Slamet Soebjakto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *