Sepeda Pencetak Pelet

Setiap pembudidaya ikan sudah pasti menginginkan biaya pakan yang serendah mungkin. Dengan teknologi sederhana sepeda pencetak pelet, mencetak pakan bukan lagi masalah sulit.

Salah satu syarat pembuatan pelet adalah bahan baku pakan tidak boleh bersaing dengan pakan manusia. Di Indonesia, bahan baku pakan sebenarnya tersedia melimpah. Sayangnya, masih banyak bahan baku pakan buatan yang masih harus di impor seperti kedelai, tepung ikan, dan bahan baku lainnya. Wajar jika harga pelet ikan menjadi mahal dan tidak sebanding dengan harga jual ikan.

Harga pakan buatan bermacam-macam, tergantung protein yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi protein, harga pelet menjadi semakin mahal. “Untuk pelet dengan protein di bawah 14% sekitar Rp 7.000/kg, pelet dengan protein 25—30% berkisar Rp 8.000 sampai Rp 9.000, dan pelet dengan protein 30—4 % berkisar Rp 9.000—Rp 15.000/kg,” tutur Bangun, pembudidaya lele sal Garut.

Bangun pun mencoba membuat pakan mandiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam seperti Azzola pinata yang terdapat di kolam-kolam Balai Benih Ikan Bayongbong, bulu ayam, kunyit untuk penambah nafsu makan ikan, limbah singkong, limbah tahu, limbah ikan asin yang ada di pasar, dan bahan lainnya. Semua bahan tersebut diolahnya sendiri.

Bangun membeli peralatan mesin pakan seperti mesin penghancur daging, mesin penepung, mesin pencetak pelet, dan open. Modal untuk semuanya mesin itu berkisar Rp 30.000.000. #Foto2. Bangun (Sumber foto: dok. pribadi)

AK13 Peralatan 2 2AK13 Peralatan 2 3

Pakan pelet buatan Bangun (Sumber foto: dok. pribadi)

Teknologi sederhana sepeda pencetak pelet

Untuk menyiasati biaya investasi alat pembuat pakan yang besar, seorang penyuluh perikanan di wilayah Kabupaten Musi Rawas Propinsi Sumatera Selatan, Apep Saepul Mahpud, SP., membuat sepeda pencetak pelet. Maksud pembuatan alat ini agar para pembudidaya ikan di tingkat menengah ke bawah dapat mengaplikasikan pembuatan alat ini dan meningkatkan pendapatan.

Sepeda pembuat pelet bekerja dengan sistem kayuh, teknologi sederhana cara pembuatan pakan ikan yang murah, mudah, ramah lingkungan dan dapat diimplementasikan oleh pembudidaya ikan. Adapun bahan baku pembuat pakan bisa disesuaikan dengan potensi setiap daerah, misalnya menggunakan keong mas, limbah kepala udang, cangkang kepiting, limbah ikan, dedak, daun pepaya, daun kaliandra, tongkol jagung, dan bahan lainnya.

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk membuat sepeda pencetak pelet bisa menggunakan barang-barang bekas seperti sepeda yang tidak terpakai, besi siku 2 batang, gilingan daging No. 10, gir sepeda dan rantai, baskom, baut No. 10 secukupnya, dan tampah.

Selanjutnya peralatan tersebut dirangkai sesuai desain yang diperlukan. Perangkaian dengan menggunakan pengelasan dan pengeboran untuk pemasangan baut. Untuk lebih jelasnya seperti gambar (i) Pandangan depan, gambar (ii) Padangan Samping, dan gambar (iii) Pandangan Belakang.

AK13 Peralatan 2 4 (a)AK13 Peralatan 2 4 (b)AK13 Peralatan 2 4 (c)

Sepeda pencetak pelet tampak depan (a), tampak belakang (b), dan tampak samping (c)

(Sumber foto: dok. Apep Saepul Mahmud)

Pengoperasian sepeda pencetak pelet dilakukan dengan cara menggayuh pedal seperti mengayuh sepeda. Rantai penghubung akan memutar alat pencetak. Adapun bahan baku pakan yang telah dicampur dimasukkan ke dalam corong gilingan dan keluar lewat lobang cetang gilingan dalam bentuk pelet basah dan masuk ke baskom sebelahnya.

Jika sudah penuh, pelet basah dipindahkan ke alat penjemur berupa tampah. Sambil mengayuh sambil mencetak pelet. Untuk meringankan kayuhan, sepeda pencetak pelet ini dilengkapi dengan multi gear layaknya sepeda balap. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut cara penggunaan sepeda pencetak pelet.

Keuntungan dari sepeda pencetak pelet ini adalah nyaman dipakai dan tidak menggangu lingkungan karena tidak mengeluarkan suara bising. Di samping itu, alat ini memberikan kemudahan bagi pembudidaya yang biasa mencetak pelet menggunakan mesin yang diputar menggunakan tangan.

Harganya pun terjangkau, tidak perlu mahal-mahal untuk bisa membuat pakan mandiri. Pembudidaya juga bisa memanfaatkan dan menggali potensi bahan baku pakan lokal yang ada di daerahnya. Dengan sepeda pencetak pelet, membuat pelet bisa dilakukan sekaligus berolah raga. Mau mencoba? (Resti Setiawati)

Incoming search terms:

  • gilingan pelet manual
  • cara membuat mesin pelet sederhana
  • alat pembuat pelet sederhana
  • cara membuat mesin pelet manual
  • mesin pembuat pakan ternak sederhana
  • cara membuat mesin pelet ikan
  • alat pembuat pelet ikan sederhana
  • Cara membuat mesin pelet
  • harga mesin pembuat pelet sederhana
  • harga mesin pembuat pelet ikan sederhana

5 Comments on Sepeda Pencetak Pelet

  1. Mohon ma’af …

    Jika boleh tahu kontak pembuatnya. Bisa kagak kita pesan ke sana untuk yang mesin pelet buat budi daya lele. Kira-kira habisnya biaya sampai berapa ?

  2. bisa tahu no kontak/hp pembuat sepeda pencetak pelet?dan berapa harganya?

  3. klo boleh nomor kontaknya karena sy mau untuk pakan itik kebetulan sy ternak itik.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose