Telisik Aspek Ekonomi Udang di Industri Hilir

 

Untung mengalir hingga ke hilir, begitulah gambaran yang dapat mewakili industri udang saat ini. Meskipun harganya fluktuatif, udang termasuk produk yang menguntungkan di sektor perikanan dan menjadi salah satu komoditas andalan.

Udang merupakan salah satu komoditas andalan dari sektor perikanan. Tidak hanya pasar domestik, bahkan udang Indonesia sudah melanglang buana ke mancanegara. Tidak heran, komoditas krustasea ini sudah menjadi tambang dolar bagi para pembudidaya.

Sebagian besar udang di Indonesia dihasilkan dari tambak-tambak intensif, meskipun proporsinya hanya sekitar 20% dari total luas tambak yang ada di Indonesia. Meskipun demikian, sector ini menghasilkan sekitar 75% pasokan udang nasional di tahun 2015. Dalam kurun lima tahun terakhir, kenaikan produksi udang mencapai 13,9% setiap tahunnya. Tahun 2015, ditargetkan produksi dapat mencapai 785.900 ton, dengan realisasi produksi melebihi target produksi, yaitu sekitar 1.006.560 ton. Dibandingkan dengan total produksi pada tahun sebelumnya, nilainya melonjak cukup signifikan. Data dari KKP menyebutkan, produksi udang nasional pada tahuan 2014 mencapai 592.219 ton. Tidak hanya dua tahun ke belakang, produksi udang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

Udang, sumber protein hewani bernilai ekonomis

Udang tidak hanya menjadi sumber protein hewani bagi kebutuhan pangan manusia, tetapi juga menjadi penyedia nutrisi lainnya yang penting. Pasalnya, komoditas krustacea ini dapat menyumbang sekitar 21% protein dari bobot bersihnya. Di samping rendah kolesterol, mengingat kandungan lemaknya yang hanya 0,2%, udang tak kalah dalam kandungan vitaminnya. Sebagai gambaran, dalam setiap 100 gram massa udang, terkandung sekitar 60 SI/100 vitamin A dan 0,01 mg vitamin B1. Sementara itu, kandungan gizi lain lainnya dalam udang yaitu mineral yang penting, di antaranya adalah zat kapur/ kalsium dan fosfor, berturut-turut 136 mg dan 170 mg per 100 gram bahan.

 

Selanjutnya baca di Majalah Info Akuakultur Edisi Mei 2016

Incoming search terms:

  • udang dari segi ekonomi

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose