Tingkatkan Produksi Benih Kerapu

 

 

Kontinuitas penyediaan pakan dan sperma ikan kerapu diperlukan, agar produksi benih meningkat dan berkualitas

 

Budidaya ikan air laut terus dikembangkan salah satunya kerapu hibrid Cantang, yang merupakan persilangan dari kerapu Kertang (Epinephelus lanceolatus) dengan kerapu Macan (Epinephelus fuscogutattus). Ada juga persilangan kerapu Macan dengan kerapu Batik sehingga disebut kerapu Cantik.

 

Pengawas Perikanan Muda Bidang Pembudidaya Ikan, Balai Budidaya Laut (BBL) Batam, Ipong Adi Guna, S.St.Pi, mengatakan bahwa prospek kerapu Cantang cukup menjanjikan dengan pasar lokal Batam sedang untuk ekspor ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. “Harga benih ukuran 10 cm adalah Rp 15.000/ekor, sedangkan ukuran konsumsi Rp 180.000 – Rp 220.000/kg,” ujarnya.

 

Direktur CV. Surung – Bali, I Ketut Bendesa, mengatakan kami mulai produksi kerapu Cantang dan Cantik sejak tahun 2011. Kerapu Cantik orientasi pasarnya Hongkong, sedangkan kerapu Cantang lebih banyak untuk pasar lokal, dikarenakan untuk pasar Hongkong dari China juga sudah memproduksi masal kerapu Cantang.

 

Lanjut Bendesa, kelebihan kerapu Cantang adalah cepat besar dengan pemeliharaan 9 bulan sudah mencapai satu kilo, namun harganya lebih murah serta membutuhkan salinitas air yang lebih rendah yaitu 28%. “Kerapu Cantang juga mudah terserang penyakit terutama terhadap Iridovirus”, ungkapnya.

 

Bendesa menambahkan kembali, kerapu Cantik lebih tahan terhadap penyakit dan harganya juga lebih mahal, namun pertumbuhannya hampir sama dengan kerapu Macan yaitu dalam 12 bulan mencapai 600 gram.

 

Menurut Ipong, kerapu Cantang pada saat larva pertumbuhannya hampir sama dengan larva kerapu Macan, tetapi setelah memasuki pemeliharaan tahap  pendederan atau di atas umur 60 hari mulai adanya percepatan pertumbuhan, melebihi ikan kerapu Macan. “Selama pemeliharaan di Karamba Jaring Apung (KJA) percepatan pertumbuhan ikan hasil hibridisasi ini sangat cepat dimana selama masa pemeliharaan enam bulan di KJA sudah mencapai berat 800 – 900 gram,” ujarnya.

 

Kriteria benih berkualitas

 

Kriteria benih kerapu yang baik, bentuk tubuh sempurna, memiliki gerakan yang lincah, naik kepermukaan jika diberi pakan, kemudian tidak cacat, tidak terdapat kelainan seperti bengkok, anggota tubuh tidak lengkap, dan tidak mengapung dipermukaan air.

 

Bendesa menambahkan agar pertumbuhan optimal harus memperhatikan stabilitas suhu beserta kandungan nutrisi dalam pakan, karena kendala utama dalam budidaya kerapu adalah pakan. “Untuk itu saat ini kami sedang dalam proses untuk mendapatkan pakan buatan berupa pelet dan tidak lagi tergantung pada pakan ikan atau rucah,” jelasnya.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • kerapu cantik
  • harga benih kerapu 2016
  • hibridisasi ikan kerapu
  • kerapu kertang kendala
  • kerapu kertang pakan

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose