Tujuan Yang Jelas

 

Salah satu kunci sukses yang disampaikan banyak motivator adalah memiliki cita-cita atau tujuan yang jelas. Hampir semua orang ingin menjadi warga yang berguna bagi bangsa dan negara. Ini adalah tujuan umum yang perlu dibuat spesifik yang masing-masing Pribadi berbeda-beda. Dengan tujuan yang jelas maka lebih mudah untuk memulai dan mengarahkan semua sumber daya yang ada.

Ibarat sebuah perjalanan, kita bisa mengevaluasi sebuah pencapaian kalau kita tahu hendak kemana kita akan pergi. Sebuah penelitian di Yale University mengungkapkan, hanya 3% dari lulusan perguruan tinggi tersebut yang memiliki cita-cita atau tujuan yang jelas. Penelitian selanjutnya, setelah 20 tahun, mereka yang memiliki tujuan yang jelas rata-rata memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik

Belakangan, diketahui bahwa tujuan yang jelas saja tidaklah cukup. Tanadi Santoso, seorang konsultan dan pembicara seminar mengatakan, setelah memiliki tujuan, kita perlu melakukan tindakan  yang nyata. Jika manusia memiliki tujuan yang jelas namun tidak melakukan tindakan yang nyata untuk menuju tujuan tersebut, maka besar kemungkinan akan sia-sialah tujuan itu.

Nah tujuan itu sendiri harus dikemas menjadi sebuah gairah, sebuah spirit untuk menjadi cita-cita yang hebat, dengan segala resikonya. Jika tujuan itu sudah menyatu dalam spirit hidup, pada umumnya akan ditemukan cara untuk mengarah ke tujuan itu. Di sini berlaku hukum tarik-menarik atau law of attraction. Hukum ini mengatakan apa yang terjadi saat ini adalah hasil dari pikiran kita di masa lalu, entah pikiran baik maupun pikiran buruk. Maka jagalah pikiran Anda agar menjadi positif.

Bila Anda ingin menjadi penulis, maka dengan sendirinya Anda akan sering bertemu dengan banyak hal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.  Sama halnya ketika Anda ingin membeli mobil baru, katakanlah merek Kijang Innova.  Karena energi “impian” memiliki mobil Innova itu begitu besar, maka kemana Anda pergi akan mendapatkan informasi tentang mobil tersebut. Ketika nonton TV, tiba-tiba melihat iklan mobil Innova, ketika baca Koran, lihat gambar innova. Tatkala di jalan raya, Anda melihat banyak mobil Innova, padahal sebelumnya terasa jarang mobil tersebut di jalan. Energi ini demikian besar,  maka Anda sebaiknya mengambil tindakan nyata untuk memiliki mobil tersebut. Anda bisa memulai dengan mencari informasi dealer mobil, informasi keunggulan dan kelemahan mobil yangAnda inginkan, test drive dan sebagainya.

Begitupun jika Anda punya cita-cita tertentu. Seorang yang bercita-cita masuk TNI, akan dengan sendirinya mencari informasi tentang hebatnya menjadi TNI. Mungkin saja pada akhirnya dia tidak diterima sebagai TNI, namun jika energi impian TNI itu tidak hilang, kelak akan ada suatu momen yang masih terkait dengan TNI. Mungkin saja jika dia menjadi pengusaha yang  berhubungan lagi dengan TNI sebagai  pemasok peralatan tempur, atau menjadi seorang pelatih olah raga yang dipercaya sebagai pelatih para prajurit maupun hal lainnya.

Di saat saya masih SMA, kepala sekolah saya berkisah tentang cita-citanya  sebagai TNI yang tidak tercapai. Ia sangat senang berkisah tentang sejarah perjuangan, pengalaman sebagai tentara pelajar dan lain-lain. Karena spirit tentaranya tetap terjaga, maka beberapa kegiatan sekolah pun termasuk bakti sosial selalu bekerjasama Kodam setempat . Ia begitu dekat bergaul dengan tentara. Jika menjadi inspektur upacara, memberi hormat maupun gaya bicaranya selalu bergaya tegas, tak berbeda dengan kepemimpinan seorang jenderal.

Masih terkait dengan kesuksesan dalam meraih cita-cita. Ada hal penting yang perlu dilakukan dalam meraih dan menjaga kesuksesan, yakni inovasi terus-menerus. Di era persaingan bebas sekarang, produk yang hari ini laku keras belum tentu bulan depan masih ada. Bisnis akan gampang terkubur dalam lautan persaingan bisnis, jika berjalan tanpa inovasi. Contohnya media sosial (Medsos) pada awalnya yang terkenal hanya friendster, kemudian menyusul facebook, twitter, line, whechat dan lain-lain. Belakangan ada lagi instagram, path dan sebagainya. Semua bergerak meraih pasar yang tumbuh pesat.

Jika inovasi sudah dilakukan, berikutnya perlu  sikap tahan banting atau pantang menyerah. Tanadi Santoso mengatakan, ketika kita mulai melangkah menuju impian, akan ada banyak hambatan menuju ke sana. Tak ada jalan yang rata untuk menuju sukses, kata Andrie Wongso. Lihatlah riwayat orang-orang hebat baik pengusaha, penyanyi , atlet, penulis. Mereka pasti melalui hambatan besar dan pantang menyerah terhadap kesulitan.

Jika Anda sudah memenuhi syarat-syarat di atas, langkah selanjutnya, serahkanlah semuanya kepada Yang Maha Pengambil Keputusan, karena pada hakekatnya semua sukses yang kita raih adalah atas izin dari-Nya. ***

 

2 Comments on Tujuan Yang Jelas

  1. sangat bermanfaat pak terimakasih atas tulisannya

  2. Sangat inspiratif. Terimakasih sudah berbagi.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose