UPP Mina Kahuripan

Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Mina Kahuripan Kabupaten Bogor, jadi jembatan pembudidaya untuk sampai ke pemerintah

 

Menurut Ketua UPP Mina Kahuripan, Ook Suherman, UPP terbentuk pada tanggal 30 Oktober 2006. “Yang melatar belakangi dibentuknya UPP adalah agar aspirasi pembudidaya ikan didengar oleh pemerintah yang ada di Kabupaten Bogor, sehingga membantu dari segi  teknologi, pengetahuan, pengolahan hasil perikanan, permodalan dan pemasaran,” ujar Ook.

 

Dalam memajukan perkembangan akuakultur Indonesia UPP Mina Kahuripan memiliki peran yakni menjembatani antara UPP yang berada di Kecamatan, Pengusaha ke Pembudidaya ke Pemerintah serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi anggota lainnya. “Peran kami disini lebih mensejahterakan pembudidaya ikan, sehingga bisa meningkatkan devisa negara juga,” tambah Ook.

 

“Anggota dari UPP Mina Kahuripan sendiri cukup banyak, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), Kelompok Pengolah dan Pemasaran (Poklahsar), Kelompok Masyarakat Pengawas situ (Pokmaswas), kelompok pakan ikan mandiri (Pokandri), serta para pembudidaya yang dikoordinatori juga oleh UPP di tiap masing masing kecamatan, sampai pembudidaya di Kabupaten Bogor,” jelas Ook.

 

UPP juga bertugas sebagai wadah untuk para pembudidaya, seperti jika ada program-program dari Kabupaten, informasi update perikanan semuanya ke UPP Mina Kahuripan dulu. “Kami mempunyai jadwal setiap hari Selasa berkeliling kepada masyarakat pembudidaya ikan, khususnya yang berada di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor,” ungkap Ook.

 

Prestasi dari UPP Mina Kahuripan Kabupaten Bogor ini pada tahun 2015 meraih sebagai juara pertama kawasan Minapolitan dengan komoditas lele, serta pada tahun 2016 menjadi juara pertama tingkat provinsi. “Semoga di tahun 2017 ini, meraih juara kembali untuk  tingkat nasional,” tambah Ook.

 

Harapan kedepan, tutur Ook,”UPP Mina Kahuripan bisa berjaya agar para pembudidaya ikan sejahtera, perikanan bisa tetap eksis dan bisa diwariskan ke anak cucu,” tandasnya. (Resti)

Incoming search terms:

  • alamat upp mina kahuripan
  • mina kahuripan
  • upp mina

1 Comment on UPP Mina Kahuripan

  1. kami bermaksud ke sana

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose