Vaksinasi Solusi Proteksi Ikan Terbaik

“Lebih baik mencegah daripada mengobati”, begitu pepatah kuno mengatakan yang jika diaplikasikan dalam kegiatan budidaya perikanan akan menghasilkan dampak yang luar biasa.

Dalam budidaya perikanan banyak aspek yang harus diperhatikan, salah satunya adalah bagaimana cara menangkal penyakit yang datang menyerang. Pembudidaya harus cekatan membaca situasi untuk melakukan suatu tindakan proteksi agar tetap menjamin kualitas produk perikanan budidaya serta menjaga kesehatan ikan dan lingkungannya.

Banyak cara untuk mencegah serangan penyakit itu datang, salah satunya dengan cara melakukan vaksinasi. Vaksinasi dinilai bentuk proteksi terbaik Jika dibanding penggunaan obat dan antibiotik, penggunaan vaksin dinilai lebih aman untuk memproteksi ikan dari serangan penyakit.

Penggunaan Obat dan antibiotik memang efektif dalam pengobatan penyakit parasit dan bakterial pada ikan. Namun terlepas dari itu antibiotik menimbulkan masalah seperti resistensi bakteri, residu antibiotik di ikan (terkait keamanan pangan) dan residu antibiotik di perairan yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Karena itulah beberapa produk perikanan Indonesia di tolak pasar Uni Eropa karena terdapat residu antibiotik.

Sebenarnya cara yang paling murah dan efisien dalam pengendalian penyakit adalah dengan pencegahan. Mencegah timbulnya penyakit dapat dengan pengelolaan lingkungan, penggunaan pakan yang tepat mutu, tepat jumlah, dan tepat pemberiannya.

Selain itu, salah satu cara pencegahan yang sekarang sudah mulai diaplikasikan oleh para pembudidaya adalah dengan cara bagaimana menciptakan kekebalan tubuh pada ikan. Kekebalan pada ikan dapat ditimbulkan baik dengan penggunaan vaksin maupun dengan menggunakan imunostimulator lain.

Vaksinasi pada pada dasarnya adalah untuk pencegahan, bukan pengobatan. Vaksinasi pada ikan adalah upaya pencegahan pada ikan sehat agar kebal terhadap serangan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, salah satu syarat vaksinasi adalah ikan yang divaksinasi harus dalam kondisi sehat dan cukup umur.

Prinsip dasar vaksinasi yaitu memasukkan vaksin atau antigen kedalam tubuh ikan sehingga antigen tersebut merangsang sistem imun tubuh ikan untuk memproduksi antibodi (kekebalan tubuh).

Dengan hanya satu atau dua kali pemberian vaksin biasanya daya tahan tubuh atau kekebalan akan bertahan sampai akhir masa pemeliharaan ikan. Vaksinasi memiliki beberapa keunggulan, yaitu mampu menggantikan penggunaan obat dan antibiotik, tidak ada dampak negatif pada ikan, tanpa residu berbahaya, tidak membuat patogen resisten, serta bisa hasil produk diterima pasar (ekspor).

Namun cukup disayangkan, beberapa kendala yang dihadapi pembudidaya hingga saat ini masih sedikit pembudidaya ikan yang mampu memahami cara atau upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ikan dengan menggunakan vaksin karena kurangnya penyuluhan dan harga vaksin yang relatif mahal.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Incoming search terms:

  • obat perikanan terbaik 2017
  • prinsip-prinsip pencegahan (proteksi) pada budidaya ikan
  • Proteksi ikan
  • vaksin yang terbaik buat ikan

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose