Untung Berlipat dengan Mina Padi

Kini, meningkatkan pendapatan petani dan optimalisasi potensi lahan sawah irigasi bisa dilakukan dengan rekayasa lahan dengan teknologi perikanan tepat guna. Seperti halnya penerapan teknologi mina padi.

 

Mina padi adalah sistem budidaya ikan di sawah bersama dengan budidaya padi. Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan, selain dapat meningkatkan pendapatan petani juga dapat meningkatkan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air, bahkan dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.

Menurut Hendy Dwi Setiawan, A.Md, salah satu penyuluh perikanan di Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung, mina padi merupakan sistem budidaya dalam mengubah strategi agribisnis dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi agribisnis. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan sistem budidaya mina padi, antara lain sawah menjadi suburdengan adanya kotora ikan yang mengandung berbagai unsur hara, mengurangi penggunaan pupuk, ikan membatasi tumbuhnya tanaman laain yang bersifaat kompetitor, dan mengurangi biaya penyiangan tanaman liar. Dalam kajian ilmiah yang dilakukan oleh Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Bogor, diperoleh informasi bahwa penerapan mina padi dapat meningkatkan pendapataan sebesar 20%.

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Artikel menarikclose