Ragam Alat Kultur Pakan Alami untuk Benih Ikan Laut

Pada kegiatan pembenihan ikan laut, pakan alami merupakan kunci keberhasilan yang mutlak harus ada terutama pada stadia awal larva ikan laut. Keberadaannya sudah tersedia di alam. Cukup memperbanyak sesuai kebutuhan. Apa saja peralatan yang dibutuhkan?

Dalam hal penyediaan pakan alami untuk benih ikan laut, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung telah lama berhasil melakukan kultur pakan alami. Menurut Emi Rusyani dari BBPBL Lampung, pakan alami yang ada di BBPBL Lampung terbagi menjadi dua kelompok, yaitu fitoplankton dan zooplankton.

Jenis-jenis fitoplankton yang sudah dibudidayakan secara massal di antaranya Nannochloropsis oculata, Chlorella vulgaris, Botryococcus sp., Tetraselmis chuii, Dunaliella salina, Spirulina plantensis, Chaetoceros calcitrans, Thallasiosira sp., Nitzschia sp., Isochrysis sp.  dan Pavlova sp.

Sementara ragam jenis zooplankton yang sudah bisa dibudidayakan secara massal antara lain Rotifera (Brachionus plicatilis); Kopepoda (Akartia sp., Oithona sp., dan Tigriopus sp.); dan kutu air laut (Diaphanosoma sp.).

Artikel Populer:  Struktur dan Bagian Tambak Ramah Lingkungan

Fitoplankton dibudidayakan untuk pakan zooplankton dan pakan teripang. Sementara zooplankton digunakan sebagai pakan larva ikan kakap (kakap merah dan kakap putih), kerapu (kerapu macan dan kerapu bebek), cobia, bawal bintang, dan ikan hias  nemo, blue devil, dan cardinal banggai).

Waktu pemeliharaan pakan alami berbeda untuk tiap skala atay tahapannya. Untuk skala laboratorium, lama pemeliharaan berkisar 7—14 hari, skala menengah atau semimassal 5—10 hari, dan pada skala massal 4—5 hari.

Ragam alat kultur

Keberhasilan kultur pakan alami yang telah dilakukan BBPBLLampung tak lepas dari sarana dan prasarana yang mendukung proses budidaya. Lebih lanjut Emi mengatakan bahwa peralatan yang dibutuhkan dalam kultur pakan alami tertera pada Tabel Alat KulturPakan Alami.

Artikel Populer:  Penerapan Keramba Jaring Apung dalam Budidaya

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur

Similar Posts:

Artikel Sedang Trending
Jaring UHMWPE Aquatec Budidaya ikan bebas predator dengan jaring UHMWPE tanpa simpul Budidaya ikan atau
Tingkatkan pertumbuhan ikan dan udang dengan teknologi nano bubble. Teknologi gelembung halus "nano bubble" diklaim
Aplikasi Geomembrane pada tambak udang vaname (KTG) Oleh : PT Kencana Tiara Gemilang Indonesia sebagai
Meskipun survival rate (SR) yang didapatkan masih sangat rendah, BBPBAP Jepara mampu memproduksi benih kepiting
Sekilas, memilih posisi kincir tambak dan anco tampak mudah dan asal saja. Padahal, posisi ikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.