Aquatec Siap Majukan Industri Kakap Putih Indonesia

IMG_8464Peran anak bangsa memajukan perikanan budidaya kakap putih Indonesia
Kakap putih, ikan yang mendapatkan julukan sebagai ‘Salmon Asia’, merupakan komoditas unggulan Indonesia untuk industrialisasi budidaya perikanan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kakap putih memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan salmon dan memiliki pasaran yang sangat luas, baik ekspor maupun lokal. Saat ini, pasaran ekspor kakap putih dalam bentuk fresh atau frozen terbuka di USA, Uni Eropa, Australia, dan Asia.
Hal ini ditegaskan oleh Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) yang menggelar workshop bertemakan “Membangun Industri Barramundi Nasional” di Jakarta 9 Desember lalu, juga oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) yang merencanakan pembangunan budidaya ikan dengan metode keramba jaring apung (KJA) lepas pantai atau KJA Offshore tahun 2017 di tiga lokasi yakni Karimun Jawa Provinsi Jawa Tengah, Pantai selatan Jawa, dan Sabang Provinsi Aceh.
Pembangunan KJA Offshore ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan potensi lahan budidaya laut di Indonesia, dimana diketahui bahwa potensi budidaya laut yang tergarap baru dua persen dan saat ini didominasi oleh kekerangan (62%) dan kerapu (25%). Produksi kakap putih baru mencapai 8%.
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan, ada lima manfaat pembangunan KJA Offshore, yaitu untuk meningkatkan pemanfaatan lahan, meningkatkan produksi ikan budidaya, meningkatkan nilai tambah melaui processing, diseminasi teknologi budidaya ikan modern lepas pantai kepada masyarakat, penyerapan tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.
Berdasarkan statistik perikanan budidaya, data sementara produksi ikan kakap putih pada tahun 2015 mencapai 2,292 ton. Diharapkan dengan adanya KJA Offshore ini dapat memberikan kontribusi produksi yang signifikan lebih dari tahun-tahun sebelumnya.
General Manager PT. Gani Arta Dwitunggal (produsen KJA Aquatec) Andi J. Sunadimmengatakan, Aquatec telah sukses mendukung budidaya ikan kakap putih di Indonesia selama 10 tahun terakhir dan siap mendukung program-program pemerintah untuk budidaya kakap putih Indonesia di masa depan, dengan menyuplai KJA offshore buatan dalam negeri. Saat ini pihaknya telah memiliki produk keramba yang mampu bertahan di ombak 6 meter, yang dinamakan KJA heavy duty.
Sebagai penyedia KJA No. 1 di Indonesia, produk KJA Aquatec sendiri sudah banyak digunakan balai-balai perikanan milik pemerintah untuk budidaya kakap putih. Tercatat beberapa balai seperti Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, dan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung untuk budidaya kakap putih.
Kepala BBPBL Lampung Mimid Abdul Hamid mengatakan, potensi kakap putih di Indonesia cukup besar karena teknologi budidaya telah dikuasai, demikian juga dengan potensi budidaya dan pasar.
Kakap putih dapat dibudidayakan di KJA pantai, tambak dan KJA Offshore. Potensi tambak di Indonesia cukup besar, kata Mimid, kakap putih sangat dimungkinkan sebagai komoditas alternatif selain udang.
Melihat potensi perairan laut Indonesia yang dinilai cocok untuk budidaya kakap putih, Mimid mengungkapkan, penggunaan KJA yang tepat harus diperhatikan agar aktivitas budidaya aman dan efisien.
KJA Aquatec telah digunakan di BBPBL Lampung sejak tahun 2011. Mimid menambahkan, Penggunaan KJA Aquatec tidak hanya untuk kakap putih, melainkan komoditas lain seperti Kakap Merah, Kerapu Bebek, Kerapu Macan, Bawal Bintang, Cobia, Kerapu Kertang dan budidaya Udang Vaname di KJA.
Menurut Mimid, produk KJA hasil karya anak bangsa ini memiliki bermacam-macam produk (bentuk) yang dapat dipilih menyesuaikan kondisi lokasi setempat, menggunakan bahan ramah lingkungan, berkualitas tinggi, dapat dibongkar pasang dan didesain memiliki kelenturan terhadap ombak di laut. Salah satunya adalah KJA submersible yang dapat ditenggelamkan dan diapungkan kembali sehingga tidak terpengaruh dengan cuaca laut, yang saat ini terpasang di BBPBL Lampung.
Senada dengan Mimid, Dony Prastowo Perekasaya BPBAP Situbondo juga menjelaskan mengenai budidaya kakap putih. Menurutnya, potensi kakap putih sangat bagus karena teknologi produk dimulai dari induk sampai pembesaran telah tersedia, serta kebutuhan pasar untuk kakap juga sangat tinggi.
Oleh sebab itu, kata Dony, masyarakat perlu mencoba budidaya kakap putih sebagai diversifikasi budidaya ikan laut karena pasar kerapu sedang lesu, sehingga perlu dikembangkan budidaya kakap putih.
Dalam budidaya kakap putih, sangat perlu diperhatikan media pemeliharaannya yaitu KJA. Di BPBAP Situbondo, kata Dony, sudah menggunakan KJA Aquatec untuk budidaya ikan laut seperti kakap putih.
“KJA Aquatec kita gunakan karena memang sudah terbukti ramah lingkungan, tahan menghadapi ombak ketinggian 3 meter, angin musim barat dan timur serta konstruksinya mudah untukdirawat,” jelas Dony.
Tidak jauh berbeda dengan Dony, Koordinator Pembesaran KJA BPBL Batam Sahidan Muhlis mengatakan, selama berbudidaya sampai saat ini KJA Aquatec masih teratas dalam hal kualitas dan daya tahan dibandingkan KJA HDPE yang sejenis.
Apalagi semakin kesini, tambah Muhlis, inovasi teknologi dan perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih maju semakin dikembangkan oleh Aquatec. Hal mendasar KJA selain ramah lingkungan, harus mudah dioperasikan dan perbaikan.
“Saya berharap pihak perusahaan tidak berhenti terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan purna jualnya,” jelas Muhlis.
Produksi ikan kakap putih di dalam negeri, kata Muhlis, memang masih terbatas. Tetapi jika pemerintah bersama para stakeholder serius dalammemperhatikanserapanpasar, niscayaproduksiakanmeningkatdengantajam. (Adit)

Incoming search terms:

  • bawal bintang kakap merah dan kakap putih
  • budidaya kakap putih di KJA aquatec
  • cuaca yang mendukung ikan kakap putih
  • ikan kakap putih di balai batam
  • ikan kakap putih sebagai salmon asia
  • peran kja bagi budidaya kakap putih
  • produk diversifikasi kakap putih
  • pt budidaya kakap putih di batam
  • pt kakap putih batam

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose