AQUACULTURE FESTIVAL 2019

Udang merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan, komoditas udang tidak kalah dalam memberikan profit yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan komoditas lainnya. Selain rasa daging udang yang lezat, terdapat senyawa aktif seperti asam lemak (omega-3 dan omega-6) pada udang yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak, untuk bayi, dan untuk ibu hamil.

Dikutip dari KKP.go.id. , udang merupakan komoditas unggulan ekspor perikanan nasional, selama 5 (lima) tahun terakhir (2013 -2017), BPS mencatat tumbuh rata-rata 6,43 persen. Berdasarkan catatan KKP, volume ekspor udang hingga akhir tahun 2018 ini diyakini mampu mencapai 180 ribu ton naik dari 147 ribu ton pada tahun 2017. Sedangkan nilai ekspor naik dari USD 1,42 milyar menjadi USD 1,80 milyar. Hal tersebut membuat pasar perdagangan udang menjadi pasar sempurna.

Persaingan yang tinggi antar produsen dan distributor mengharuskan para pelaku budidaya memiliki nilai tambah terhadap barang yang ditawarkan baik itu dari kualitas, kuantitas, maupun aspek lainnya.

Kualitas yang baik dengan harga yang rendah sangatlah diharapkan oleh para konsumen, tetapi apakah hal tersebut dapat tercapai dan berkelanjutan. Pengeluaran input sekecil-kecilnya menghasilkan output dengan sebesar-besarnya harus dapat dilakukan agar pelaku usaha mendapatkan keuntung yang tinggi.

Artikel Populer:  Outlook Penyakit Ikan dan Udang 2019

Jawaban permasalahan tersebut dapat diperoleh dari berbagai tempat dan narasumber. Seminar udang AQUAFEST 2019 hadir dalam menjawab pertanyaan tersebut. Seminar udang  tersebut bertemakan “Peningkatan produktivitas, efisiensi, daya saing dalam budidaya udang vannamei yang berkelanjutan”,  seminar tersebut menargetkan 150 peserta yang akan hadir dalam acara tersebut. Waktu dilaksanakannya seminar udang yaitu pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 yang bertempat di IPB Science Technos-net.

Sehubungan dengan seminar tersebut, sebenarnya apa itu AQUAFEST 2019. AQUAFEST 2019 merupakan festival akuakultur terbesar di Indonesia untuk skala mahasiswa yang membuat acara tersebut yaitu Mahasiswa Departemen Budidaya Perairan Institut Pertanian Bogor.

Selain seminar udang, AQUAFEST 2019 terdiri dari acara pameran ikan hias (Bazaar of Aquaculture), Bogor Indonesia Guppy Show (BIGS), Betta Contest and Exhibition (BCE), Quick Setting Aquascape, Aquaculture Center, Talkshow, Seminar, tebar benih, lomba mewarnai dan menggambar, serta gemar makan ikan. AQUAFEST 2019  mengangkat tema “A Future in the Beautiful Aquaculture”, berlangsung pada tanggal 19-20 Oktober 2019 bertempat di Botani Square Mall Bogor.

Artikel Populer:  selamat ulang tahun yang ke-3

Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. mendukung dan akan hadir untuk membuka AQUAFEST 2019 serta mengajak warga Bogor dan sekitarnya untuk hadir ke kegiatan AQUAFEST 2019. “Datangi, berikan dukungan dan meriahkan. Kita lihat semarak kegiatan serba ikan di sana. Sampai jumpa di bulan Oktober.” Ujar Bima Arya.

Berikut daftar para pembicara di  Seminar Udang AQUAFEST 2019

  • Sesi 1

Moderator : Dr.Ir Irzal Effendi, M.Si (Dosen Budidaya Perairan IPB)

1. Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si (Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI)

2. Suprapto (Manager TS  Global Feed –De Heus)

3. Waiso (Ketua APU Prov. Lampung)

  • Sesi 2

Moderator : Dr.Ir Irzal Effendi, M.Si (Dosen Budidaya Perairan IPB)

1. I Nengah Sarjana, Se, Mm (Sekretaris  Jendral SCI)

2. Budhi Wibowo (Ketua AP5I)

3. Dr. Ir. Sukenda, M.Sc (Dosen Budidaya Perairan IPB)

  • Sesi 3

Moderator: Rully Setya Purnama (CEO Minapoli)

1. Chrisna Aditya (CPO E-Fishery)

2. Liris Maduningstyas (CEO JALA)

3. Hardi Junaedi (CETO Nanobubble)

Artikel Populer:  Kuliah Perdana Unpad


Similar Posts:

Artikel Sedang Trending
Kurangi cost produksi budidaya udang vaname dengan sistem  Synbiotics Shrimp Club Indonesia (SCI) Lombok &
Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menghadiri pembukaan Aquatica Asia dan Indoaqua 2019
Di sela-sela rapat yang digelar selama dua hari, 27-28 Maret 2019 di Hotel Santika BSD
Para pembicara dan moderator, dari kiri ke kanan: Andi Eka Satya, Yusuf S. Djajadihardja, Albertus
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Rapat Koordinasi perkembangan Regulasi Pakan dan Obat Ikan pada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.