Lebih Concern Terhadap Lingkungan

Lebih Concern Terhadap Lingkungan

Musyawarah Nasional Shrimp Club Indonesia (Munas SCI) kelima udah digelar di Surabaya, banyak tugas menanti SCI untuk diurai dan diselesaikan. Berbicara budidaya tidak melulu menyoal berapa banyak dan tercapainya target produksi, melainkan juga mengenai keberlangsungan budidaya yakni pemanfaatan tambak makrak dan menjaga lingkungan area budidaya.

SCI harus berperan menjaga lingkungan untuk keberlangsungan budidaya udang, dengan terus memperhatikan buangan limbah dari setiap aktifitas budidaya udang. Kemudian, masih sangat terasa belum optimalnya sentuhan dari pihak manapun terkait tambak mangkrak yang menjadikan lahan-lahan terlantar dan mubazir.

Pelan-pelan SCI perlu menghidupkan kembali dan menyelesaikan problem tambak yang mangkrak di beberapa wilayah, karena mereka memiliki pengurus di setiap wilayah di Indonesia.

Hal-hal yang dapat dilakukan berupa mengedukasi para petambak tentang cara berbudidaya yang baik saat ini, misalnya membentuk kelompok cluster dalam rangka menata layout dan penerapan sistem operasional budidaya terkini.

Perhatikan dinamika yang terjadi pada tambak-tambak semi intensif yang umumnya dikelola oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan untuk memenuhi kehidupan.

Pada Edisi September kali ini Majalah Info Akuakultur mengangkat tema Manfaatkan momentum jadi produsen udang di dunia, 3 faktor kunci manajemen kesehatan udang, Tepung serangga untuk menggantikan peran tepung ikan di pakan udang vaname, juga mengulas sosok dari Technical Director PT. Grobest Indomakmur Achmad Wahyudi, dan masih banyak artikel menarik lainnya.

Salam Redaksi Majalah Info Akuakultur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.