Aquafest 2020, Siap Digelar

Sudah hampir 5 bulan Covid-19 mewabah di Indonesia dan banyak memakan korban jiwa, tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat dari Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) FPIK IPB University untuk menyelenggarakan kembali program kerja yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya yaitu Aquaculture Festival (Aquafest).

Tujuan dilaksanakannya “Aquaculture Festival 2020” adalah meningkatkan ketertarikan dan wawasan masyarakat terhadap produk akuakultur melalui kompetisi, pengajaran, dan memberikan ruang untuk berinteraksi yang dikemas secara modern dan online.

Walaupun diselenggarakan secara online, Aquafest 2020 tidak kalah menarik dan seru dari Aquafest tahun sebelumnya karena terdapat konten-konten acara yang baru dan cocok untuk era 4.0. Waktu pelaksanaan Aquafest 2020 dimulai dari tanggal 26 September 2020 sampai 18 Oktober 2020.

Terdapat delapan konten yang akan dibawakan di Aquafest 2020 ini meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Aquascape Photo Contest, Kompetisi Videografis dan Infografis, Webinar, Talkshow, dan Workshop.
LKTI dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2020 – 10 Oktober 2020, konten acara ini meliputi pembuatan gagasan ilmiah ditingkat mahasiswa dalam bidang Akuakultur dengan tujuan mengenalkan, mengembangkan, dan memberikan solusi untuk permasalahan di bidang perikanan budidaya.

Berikutnya Aquascape Photo Contest yang bertujuan memperkenalkan seni yang ada di akuakultur melalui akuaksap serta meningkatkan kreativitas masyarakat dari berbagai kalangan, kontes ini merupakan kontes foto dari akuascape yang dibuat oleh peserta.

Selanjutnya untuk lebih mengenal ikan hias, diadakan juga kompetisi Videografis dan Infografis. Selain untuk kompetisi, konten ini diadakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan informasi terkait ikan hias asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk video dan juga poster.Tidak kalah dari kompetisi-kompetisi sebelumnya, Aquafest 2020 juga mengadakan konten acara yang dapat memberikan informasi terkait Akuakultur dengan menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya.

Konten yang pertama yaitu Webinar yang akan diadakan sebanyak tiga series, untuk webinar series pertama dilaksanakan tanggal 26 September 2020 dengan tema “Transformasi akuakultur dalam menghadapi tantangan serta peluang di era disruptif” sedangkan webinar series kedua dan ketiga dilaksanakan tanggal 11 dan 18 Oktober 2020 dengan tema “Budidaya Udang berkelanjutan : Kesehatan dan Lingkungan). Selanjutnya ada talkshow yang akan diadakan sebanyak tiga pertemuan, Talkshow 1 dilaksanakan tanggal 3 Oktober 2020 dengan tema “Bisnis Ikan Konsumsi”, Talkshow 2 dilaksanakan tanggal 4 Oktober 2020 dengan tema “Bisnis Ikan Hias”, dan Talkshow 3 dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2020 dengan tema “Digitalisasi Akuakultur”. Terakhir ada Workshop yang dilaksanakan tanggal 17 Oktober 2020 dengan tema “Aquascape”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.