Budidaya Ikan Lele Lahan Sempit dan Biaya Terbatas

Budidaya Ikan Lele Lahan Sempit dan Biaya Terbatas
Bioflok berukuran diameter tiga meter yang dibuat oleh Kube Koba Bersama Jaya. (Dok. Istimewa/Bangkapos.com)

Budidaya ikan lele bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin memulai melakukan usaha budidaya perikanan. Selain dikenal ikan yang bisa survive, lahan budidaya pun tidak harus di tempat yang luas, di lahan sempit pun bisa.

Keterbatasan lahan mungkin sistem budidaya bioflok bisa menjadi pilihan terbaik bagi pembudidaya pemula. Menurut Ketua Kelompok Usaha Bersama (Kube) Koba Bersama Jaya, Iwan seperti yang dilansir Bangkapos.com, mengatakan jika satu di antara keuntungan menggunakan sistem bioflok atau budidaya menggunakan terpal ini bisa diaplikasikan di lahan yang terbatas.

Selain hemat tempat, ia juga mengatakan keunggulan budidaya ikan konsumsi menggunakan bioflok adalah lebih efisien, seperti saat pemberian pakan tidak perlu pergi ke empang, dikarenakan budidaya menggunakan bioflok bisa diaplikasikan di halaman rumah, dan juga lebih efisien saat memanen ikan.

Untuk ukuran sendiri bioflok yang biasa ia kerjakan berkisar di ukuran diameter dua meter dan tiga meter, yang mana di ukuran tersebut bisa ditaruh sekitar 2.000 benih ikan lele.

“Kalau buat biaya pembuatan bioflok ini tergantung ukuran ya, kisaran Rp 6 juta yang diameter dua meter tanpa atap, paling tinggi sekitar Rp 12 juta diameter tiga meter sudah sama atapnya,” ujar Iwan, baru-baru ini.

Untuk masalah pertumbuham ikan Iwan juga menjelaskan jika pertumbuham ikan di bioflok bisa lebih cepat, dikarenakan benih yang ditaruh juga lebih besar berkisar di ukuran 7-8 cm, dan jika dirawat dengan baik maka tingkat keberhasilan panen juga mencapai 90 persen.

“Perawatannya juga tidak terlalu ribet, asalkan pemberian pakannya jangan telat dan jangan juga berlebihan, karena kalau berlebihan sisa makanan itu nantinya bisa berubah jadi amoniak,” pungkasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.