Hari Ikan Nasional, Ayo Makan Ikan!

Peringatan Hari Ikan Nasional untuk pertama kalinya ditetapkan oleh Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2014. Penetapan itu melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 Tentang Hari Ikan Nasional.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar dan harus dimanfaatkan secara optimal, terutama menjadikan ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi. Menyikapi hal itu, setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Ikan Nasional atau Harkannas.

Hari Ikan Nasional sendiri diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, perayaan ini juga dikaitkan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal.

Sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggalang sebuah Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan).

Melalui gerakan tersebut, Pemerintah mengeluarkan penjelasan mengenai serba-serbi ikan serta identifikasi ikan yang layak dikonsumsi. Meskipun sumber daya ikan di Indonesia melimpah, namun rata-rata tingkat konsumsi ikan masih rendah.

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Melansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Hari Ikan Nasional untuk keenam kali penyelenggaraannya ini akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Dengan mengusung tema Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa, ragam kegiatan perayaan Hari Ikan Nasional meliputi makan ikan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di area parkir Gedung Mina Bahari II KKP pada 21 November 2019. (Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *