Workshop Aquascape AQUAFEST 2020

AQUAFEST 2020 telah melaksanakan berbagai rangkaian acara selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 26 September – 18 Oktober 2020. Workshop Aquascape merupakan rangkaian dari acara aquafest yang telah dilaksanakan secara daring pada tanggal 17 Oktober 2020 dengan tema “Fun Setting Aquascape”. Acara ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Aldino Rafiq dan Jeffry Bucex dari The Aquatic Freak dan Donny BG Purba dari One Research.

Kegiatan workshop aquascape diawali dengan berbagi informasi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam aquascape berupa cahaya, CO2, dan nutrisi. Donny BG Purba selaku Owner One Research berbagi tips bagi pemula untuk menggunakan tumbuhan yang memiliki adaptasi tinggi terhadap cahaya, CO2, dan nutrisi agar tumbuhan bisa tetap hidup tanpa perawatan khusus.

Selain itu juga penggunaan lampu UV pada aquascape kurang dianjurkan karena dapat merusak tatanan ekosistem dan dapat merusak pertumbuhan tanaman beserta bakteri.

Selanjutnya kegiatan workshop diisi dengan fun setting aquascape oleh Aldino Rafiq dan Jeffry Bucex dengan tema aquascape natural menggunakan tumbuhan tanpa planting atau ditanam pada substrat dengan cara menyelipkan. Tanaman yang dapat dipilih yaitu microsorum, buhe dan kriptokorin. Ikan yang cocok digunakan dalam aquascape yang berasal dari keluarga tetra, rasbora, coridoras karena tidak akan merusak atau mengganggu tanaman aquascape dan substrat. Dalam perawatannya pergantian air tidak harus dilakukan seluruhnya, cukup 20-50% dari total volume air.

Workshop ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di akun Youtube Aquafest IPB. Acara ini dihadiri oleh Scaper, hobbies, mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum dari berbagai daerah di Indonesia. Total peserta Workshop tercatat sebanyak 316 orang yang tergabung dalam room zoom dan live streaming youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.