Pelatihan Budidaya Lele Sistem Bioflok

Kerjasama Info Akuakultur dengan Farm 165 dan Indonesian Entrepreneur Society

 

Pelatihan Bioflok Info Akuakultur

Pakar budi daya Lele Sangkuriang, Nasrudin menyebutkan, kebutuhan ikan Lele untuk pasar di wilayah Jabodetabek sebanyak 240 ton per harinya belum terpenuhi.

“Tapi sampai saat ini (peternak lele) belum mampu memenuhi kebutuhan pasar untuk wilayah Jabodetabek setiap harinya,” ujar Nasrudin saat ditemui di lokasi pembibitan Lele Sangkuriang miliknya di Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (24/3).

Nasrudin mengatakan, dari 240 ton kebutuhan lele di Jabodetabek, yang baru bisa terpenuhi hanya 140 ton per harinya yang berasal dari peternak Lele di wilayah Bogor Raya yang memasok 80 ton hingga 100 ton sisanya dibantu dari peternak Lele wilayah Jawa.

Ia mengatakan, pemasaran Lele selain untuk konsumsi rumah tangga juga untuk gerai kuliner pecel Lele yang berjumlah 50.000 tenda tersebar di wilayah Jabodetabek. “Makanya kita tidak bisa mengekspor Lele karena untuk kebutuhan dalam negeri saja masih kurang,” ujar Nasrudin. (Sumber Republika Online)

Bioflok pada lele mulai banyak diminati. Tak heran, antusias masyarakat mengikuti pelatihan ini disebabkan sistem ini memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan sistem bioflok antara lain sebagai berikut.

Keunggulan bioflok #1. Hemat air

Sistem bioflok mampu menghemat penggunaan air, sedikit atau bahkan tanpa penggunaan air. Dalam sistem bioflok, amoniak yang menjadi musuh budidaya justru dijadikan sebagai salah satu sumber bahan baku protein untuk pakan ikan. Dengan penanganan yang tepat, penggantian air sedikit atau bahkan tidak perlu sama sekali.

Keunggulan bioflok #2. Hemat pakan

Selain menghemat air, sistem bioflok juga menghemat pakan ikan. Jika populasi  hingga diperoleh FCR 0,7. Artinya, dari 0,7 kg pakan yang diberikan mampu menghasilkan 1 kg daging. Mustahil!

Benar. Hampir mustahil mendapatkan nilai FCR tersebut jika menggunakan sistem budidaya yang biasa, cara budidaya yang biasa. Dengan sistem bioflok, pakan tidak hanya berasal dari pakan buatan atau alternatif yang diberikan, melainkan flok alami yang dihasilkan oleh sistem bioflok.

Keunggulan bioflok #3. Padat tebar tinggi

Jika cara tradisional hanya mampu menampung ikan sebanyak 100-300 ekor/m2, sistem bioflok mampu menampung 500 hingga 2.500 ekor/m2. Apakah mungkin?

Sangat mungkin, jika menggunakan sistem bioflok. Dengan sistem bioflok, air kolam sebagai media tempat hidup ikan akan terjaga kualitasnya.Ikan pun akan merasa nyaman meskipun agak sedikit hidup berdesakan.

Keunggulan bioflok #4. Bisa dibudidayakan di tempat terbatas/perkotaan

Dengan sistem bioflok, keterbatasan lahan tidak lagi menjadi masalah. Budidaya sistem bioflok bisa dilakukan meskipun lahan telah tertutup semen. Anda pun bisa membuat kolam di atas dak atap rumah jika memungkinkan kekokohannya.

Tak hanya membahas persoalan teknis budidaya lele dengan sistem bioflok, pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama Info Akuakultur dengan Farm 165 sebagai pihak yang ditunjuk sebagai P2MKP oleh DKP ini juga akan membahas mengenai cara membangun dan mengelola usaha. Tanpa pengetahuan dalam manajemen usaha, budidaya yang berhasil menghasilkan produksi tinggi bisa jatuh karena tidak mampu mengelola aset dengan baik. Oleh sebab itu, dibutuhkan ilmu manajemen pengelolaan usaha yang baik.

Segera daftarkan diri Anda, ikuti pelatihan budidaya ikan sistem bioflok plus plus ini.

Hubungi:

Rizky Yunandi 021 7829689, 089654733750

Infoakuakultur
Gedung ASOHI Grand Pasar Minggu
Jln. Raya Rawa Bambu No.88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520

Incoming search terms:

  • budidaya lele sistem bioflok
  • budidaya udang sistem bioflok
  • lele bioflok
  • cara budidaya lele bioflok
  • cara budidaya udang sistem bioflok
  • pelatihan budidaya lele sistem bioflok
  • bioflok lele sangkuriang
  • ternak lele sistem bioflok
  • cara membuat kolam lele bioflok
  • budidaya lele bioflok

12 Comments on Pelatihan Budidaya Lele Sistem Bioflok

  1. says tinggal di lampung dimana says bisa mengikuti pelatihan budidaya lele sistem bioflok? terimakasih.

  2. Agus Nur Asikin // September 15, 2015 at 2:30 pm // Reply

    saya tertarik untuk mengikuti pelatihan budidaya lele bioflok, kapan diadakan lagi

  3. Saya berniat ternak lele bioflock, kapan lagi ada pelatihannya , dimana,bagaimana cara untuk mendapatkan pelatihan ini,
    terimakasih

  4. saya tertarik pelatihan ini..kira2 kapan ada pelatihan seperti ini di tahun 2016? mohon informasi nya

  5. Saya berdomisili di Medan-SUMUT. Saya berminat ikut Pelatihan.Mohon informasi jadwal Pelatihan budidaya lele sistem bioflok n berapa biayanya. Tx

  6. Syaifuddin // July 8, 2016 at 1:19 pm // Reply

    Untuk pelatihan dalam waktu dekat ini ada gak ya?

  7. mohon info pelatihan bulan oktober 2016

  8. Mas, ada nggak pelatihan di bulsn mei 2017 ?

  9. slamet raharjo // September 18, 2017 at 8:58 am // Reply

    Luarbiasa, kapan diadakan pelatihan lagi, ya

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Artikel menarikclose