Aplikasi Spirulina dalam Pakan Akuakultur

 

Tak hanya populer sebagai herbal multikhasiat bagi manusia, khasiat spirulina juga bisa dirasakan oleh hewan akuatik, termasuk ikan dan udang.

 

Demikian yang disampaikan Dr. S. V. Pamulapati, Chairman and Managing Director, PVS Group dalam sebuah tulisannya yang berjudul “The Multifunctional Dietary Properties of Spirulina and its use in Aquaculture”.

Dalam tulisan pendiri perusahaan berbasis kesehatan hewan/ternak India yang dimuat pada thefishsite.com tersebut diungkapkan kandungan serta khasia dari penggunaan spirulina dalam dunia akuakultur.

Tak hanya itu, spirulina juga mengandung asam amino esensial yang sangat bermanfaat untuk menunjang produktivitas ikan dan udang.

Menurut Britz (1996), Spirulina bisa digunakan sebagai bagian suplemen atau pengganti protein dalam pakan akua. Spirulina adalah pakan suplemen untuk semua jenis ikan, lobster air tawar, udang galah, dan udang, yang meningkatkan pertumbuhan, kekebalan, kelangsungan hidup, dan pemanfaatan pakan secara signifikan. Spirulina merupakan penyusun pakan termurah dengan kandungan protein tinggi dibandingkan sumber hewani. Penggunaan spirulina sebagai suplemen pakan diketahui mampu mengurangi waktu budidaya dan tingkat kematian serta mempertebal karapas atau cangkang udang. Mengonsumsi spirulina akan membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan kelangsungan hidup. Pertumbuhan yang lebih cepat pun terjadi ketika pakan yang diberikan mengandung spirulina.

Baca juga  Tingkatkan Nafsu Makan Ikan dengan Atraktan

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur Edisi April 2016

Related posts

One Thought to “Aplikasi Spirulina dalam Pakan Akuakultur”

  1. PT Neoalgae Indonesia Makmur adalah produsen spirulina tropis organik terbesar di indonesia sekarang ini. Kami siap mensuply berapapun kebutuhan spirulina 100% pure untuk perusahan/kelompok bapak. Fast response 082226547623

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.