Perkuat Sektor Pakan Nasional

Perkuat Sektor Pakan Nasional

Beberapa waktu lalu Indonesia Aquafeed Conference (IAC) 2022 sukses digelar, acara ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara berbagai stakeholder di bidang pakan atau aquafeed. Penyelenggaraan yang dilakukan secara offline mempermudah proses diskusi dan tukar informasi antara berbagai pihak di industri pakan maupun di sektor akuakultur.

IAC 2022 adalah sebuat event yang sangat strategis bagi perkembangan industri pakan nasional, pasalnya dari sini kita bisa mendapatkan informasi terkait inovasi dan teknologi terkini mulai dari bahan baku, feed additive hingga proses produksi pakan itu sendiri.

Topik dan pembicara yang didatangkan juga cukup bervariasi yang pada prinsipnya untuk memberikan solusi dan alternatif untuk menjawab tantangan yang dihadapi industri perikanan saat ini, utamanya dengan kenaikan harga bahan baku pakan yang sangat tinggi saat ini, hingga kualitas bahan baku dan cara meningkatkan efisiensi pakan dengan berbagai metode termasuk penambahan feed additive dari berbagai bentuk.

Dari acara ini, industri pakan nasional akan sangat terbantu dengan hadirnya narasumber yang sangat kompeten baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Hanya saja, akan lebih baik ke depan agar materi presentasi berikutnya tetap menyertakan materi proses produksi pakan ikan dan udang yang baik, karena materi ini perlu detail disampaikan.

Sebab, meskipun bahan baku bagus, formula sesuai, namun jika tidak diproses dengan quality system yang bagus, maka tidak akan tercapai kualitas pakan yang baik dan sesuai. Materi selanjutnya juga bisa menyertakan ilmu nutrisi pakan ikan dan udang.

Antusias pesertanya pun cukup tinggi, terlihat dari peserta yang hadir. Menarik untuk melihat lebih banyak program seperti ini kedepannnya, sehingga semoga akan lebih banyak solusi konkret yang bisa ditawarkan di sektor pakan ikan dan udang nasional.

Dari keikutsertaan Majalah Info Akuakultur di IAC 2022, tim redaksi mencoba menggali dan mengulas perkembangan bisnis pakan di indonesia saat ini. Usalan tersebut ditulis dalam Laporan Utama edisi kali ini, diharapkan pembaca mendapatkan informasi terkait naik-turunnya bisnis pakan saat ini.

Tidak hanya itu, pada edisi kali ini tim redaksi menyajikan informasi terkait urgensi keberadaan IPAL tambak udang, sinergitas supply chain pelaku usaha perikanan, tiga faktor kunci manajemen kesehatan udang, hingga  manajemen pakan yang baik jadi kunci sukses budidaya.

Menyambung tema HUT RI ke-77 ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’, segenap tim Majalah Info Akuakultur mengajak kita semua untuk bersama memajukan sektor akuakultur Indonesia dengan caranya masing-masing, agar tujuan dari budidaya berkelanjutan tetap terwujud. Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.