Prediksi Iklim dan Cuaca, Sukses Berbudidaya

Udang merupakan hewan yang berdarah dingin, jika terjadi perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan turunnya metabolisme sehingga mengakibatkan nafsu makan berkurang otomatis pertumbuhan terhambat.

Merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan kegiatan budidaya udang. Untuk suhu air di dalam tambak yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan udang vaname yaitu berada pada kisaran 26°C – 30°C, pada suhu tersebut udang vaname dapat hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sedangkan jika terjadi perubahan suhu secara drastis dalam waktu yang sangat singkat maka sebaiknya perubahan suhu tersebut tidak lebih dari 2°C, karena perubahan suhu yang demikian drastis tersebut dapat memicu stres pada udang yang dapat mempengaruhi kesehatan udang itu sendiri, atau malah jika terjadi lebih dari pada itu dapat juga memicu terjadinya kematian.

Jika suhu air di dalam tambak sampai turun pada angka 25°C, maka dapat menyebabkan daya cerna makanan yang dimiliki oleh udang vaname tersebut akan menjadi terhambat. Tetapi jika perubahan suhu tersebut terus turun dan sampai menyentuh angka 14°C, maka pada suhu tersebut udang sudah dalam keadaan kritis, karena suhu tersebut dapat mematikan bagi udang, yang bisa sampai menimbulkan kematian.

Artikel Populer:  Manfaatkan Biofilter pada Tambak Sistem Resirkulasi

Jika hal yang sebelumnya adalah yang terjadi jika air di dalam tambak mengalami penurunan suhu ke tingkat yang lebih rendah, maka perubahan suhu ke tingkat yang lebih tinggi secara mendadak juga tidak baik bagi kesehatan dan juga keselamatan udang vaname.

Jika sampai terjadi lonjakan suhu yang menyebabkan suhu air di dalam tambak berada pada posisi 30°C atau lebih, maka lonjakan tersebut akan memicu terjadinya stress pada udang vaname. Stres tersebut dapat terjadi karena perubahan suhu yang tinggi menyebabkan kebutuhan udang akan oksigen menjadi semakin meningkat.

Karena seperti yang kita ketahui, tambak outdoor cukup rentan sekali terkena dampak dari perubahan suhu dan iklim. Baik itu perubahan siang-malam, ataupun juga panas-hujan, atau bahkan suhu air laut.

Artikel Populer:  SR Rendah Hantui Zona Kebangkitan Udang Windu di Sulawesi Selatan

Semuanya itu dapat mempengaruhi perubahan suhu air di dalam tambak, karena itu maka langkah antisipasi dari para petambak yang harus sigap menanggapinya. Terlebih lagi petambak udang vaname di wilayah pesisir yang harus menjadi kewajiban mengetahui waktu perubahan suhu air laut.

Mempelajari perubahan iklim dan cuaca yang menjadi sebab temperatur atau suhu tidak stabil. Temperatur atau suhu adalah salah satu indikator yang perlu diwaspadai oleh para petambak, karena lonjakan suhu yang terjadi dengan tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu yang singkat dapat membuat udang kaget yang akhirnya dapat menghambat pertubuhan udang atau malah dapat menyebabkan kematian massal pada udang.

Pengaruh secara langsung perubahan iklim salah satunya adalah pemanasan global yang menyebabkan naiknya suhu perairan. Naik dan turunnya suhu perairan atau udara dapat berakibat pada air media budidaya udang yang dapat mempengaruhi terhadap populasi plankton, timbulnya penyakit yang akhirnya hasil panennya tidak sesuai dengan target.

Meningkatnya suhu ekstrim juga berpengaruh terhadap perkembangbiakan berbagai jenis plankton terutama plankton yang merugikan seperti bule green algae dan dapat mempengaruhi pertumbuhan udang bahkan dapat memicu timbulnya penyakit udang seperti White Spot Syndrome Virus (WSSV), Taura Syndrome Virus (TSV), dan Infectious Myonecrosis Virus (IMNV).

Artikel Populer:  BETERNAK LELE DI KOLAM TERPAL

Oleh sebab itu, petambak perlu dibekali ilmu pengetahuan seputar iklim dan cuaca agar aktifitas budidaya dapat terprediksi.

Similar Posts:

    None Found
Artikel Sedang Trending
Dengan panjang pesisir 62 kilometer, Lampung Timur memiliki potensi perikanan budidaya air payau cukup besar.
Oleh: Abdul Salam Atjo – Penyuluh Perikanan Madya Ikan bandeng (Chanos-chanos Forks) masih menjadi komoditas andalan pembudidaya
Oleh : Dr. Tarunamulia, ST., MSc. (Peneliti Madya BRPBAP3-Maros) Pada era tahun 1980-an hingga awal
Udang merupakan komoditas unggulan di Indonesia khususnya Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang terus dimaksimalkan potensinya.
Budidaya ikan erat kaitannya dengan memacu pertumbuhan ikan mencapai ukuran atau berat yang diharapkan. Semakin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.