Salurkan Bantuan Disinfektan, ASOHI Ajak Seluruh Elemen Atasi Covid-19

Salurkan Bantuan Disinfektan, ASOHI Ajak Seluruh Elemen Atasi Covid-19
Saat serah terima disinfektan dari ASOHI ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Gedung ASOHI, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (30/3).

 

Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) menyerahkan bantuan kepada Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta berupa 150  liter cairan desinfektan dan 10 buah sprayer di Gedung ASOHI, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (30/3).

Hingga tulisan ini diturunkan, tercatat hingga saat ini, ASOHI Pusat sudah mengumpulkan 282 liter desinfektan dan 15 sprayer dari anggota yang akan disumbangkan ke pemerintah dan tempat ibadah di wilayah Jakarta.

ASOHI sebagai asosiasi yang juga berafiliasi dalam ilmu medis, turut terpanggil untuk berkontribusi nyata dalam menanggulangi wabah Virus Corona atau COVID-19. Bantuan tersebut tentunya merupakan bentuk dukungan ASOHI dari kegelisahan masyarakat atas wabah Covid-19 yang kini menyebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Sekretaris Eksekutif ASOHI Bambang Suharno mewakili Drh Almasdi Rakhman (Ketua Bidang Khusus DKI sekaligus kordinator donasi) yang berhalangan hadir. Bambang mengatakan, bantuan ini adalah merupakan komitmen ASOHI dalam pengejawantahan konsep one health.

Selain itu, Bambang berharap agar bantuan yang diberikan semoga dapat berguna bagi pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penularan lebih lanjut virus mematikan tersebut. “Diharapkan seluruh elemen mulai dari masyarakat hingga organisasi atau asosiasi lainnya juga turut berkontribusi dalam penanggulangan wabah Covid-19 yang melumpuhkan gerak perekonomian,” tuturnya.

Bukan hanya sampai disitu, ASOHI pun juga sudah meyiapkan bantuan serupa di beberapa provinsi lain yang dikoordinir oleh Korwil ASOHI di daerah. Total bantuan yang diberikan oleh ASOHI hingga saat ini mencapai 1189 liter cairan desinfektan dan 75 sprayer .

Bantuan sudah didistribusikan ASOHI ke seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 24 Maret 2020. Prioritas bantuan akan digunakan pada fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Hingga berita ini diturunkan, ASOHI masih menggalang solidaritas untuk mengumpulkan bantuan lainnya untuk membantu pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19.

Menghadapi suasana seperti saat ini, Bambang mengimbau, agar masyarakat tetap tenang, tidak panik, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta melengkapi asupan gizi sehari – hari terutama protein hewani. Juga tidak lupa agar mematuhi himbauan pemerintah berupa physical distancing dan membatasi kegiatan bepergian. (Redaksi Info Akuakultur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.