STP Bahas Udang Indonesia di Global Shrimp Forum, Belanda

STP Bahas Udang Indonesia di Global Shrimp Forum, Belanda

Mewakili Indonesia, STP menjadi pembicara di Global Shrimp Forum

STP turut berpartisipasi dalam acara Global Shrimp Forum yang diadakan secara perdana pada 6-8 September 2022 di Utrecht, Belanda. Acara yang diselenggarakan oleh Global Shrimp Forum Foundation, sebuah organisasi yang didirikan oleh Aquaculture Stewardship Council, Shrimp Insights (Willem van der Pijl), dan Contango (Jørgen J. Lund), dihadiri oleh 445 peserta dari 35 negara mewakili 5 benua.

Konferensi ini melibatkan berbagai topik seperti situasi industri terkini, isu-isu yang dialami oleh pembudidaya dan perkembangan-perkembangan dalam industri. Head of Marketing and Sales Shrimp Feed Suri Tani Pemuka, Julius Roland Sebastian yang lebih akrab disapa Roland sebagai perwakilan pembicara dari Indonesia.

Dalam presentasinya, Roland menyampaikan perkembangan mengenai industri budidaya udang di Indonesia. Industri akuakultur Indonesia selama 5 tahun terakhir mengalami perkembangan, terutama pada produksi udang yang meningkat sebesar 46%.

Sesuai data pada 2017-2021 yang menunjukan perkembangan pada produksi udang, industri udang Indonesia untuk 5 tahun ke depan diharapkan terus meningkat lebih dari sebelumnya. Karena selama 5 tahun ke belakang terdapat berbagai masalah dalam produksi yang menghambat pertumbuhan budidaya. Seperti penyakit-penyakit udang, tidak tersedianya zonasi khusus untuk hatchery, biaya logistik dan harga bahan mentah (raw material) yang semakin meningkat.

Menjawab tantangan tersebut, para pelaku usaha budidaya udang baiknya menyiapkan beberapa solusi untuk mengoptimalkan budidaya. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang menargetkan nilai ekspor udang sebanyak 250% melalui Shrimp Estate, revitalisasi kolam dan added value product.

Selain itu pengembangan dapat dilakukan dengan menyediakan dukungan teknologi, terobosan nutrisi udang. Rencana perluasan cold storage juga dapat menjadi salah satu solusi, karena lokasi dari cold storage terkonsentrasi di Sumatera Selatan dan Jawa.

“Kita tetap optimis, bahwa industri udang masih kondusif dan dapat terus berkembang signifikan. Selanjutnya dari kesadaran kita sendiri untuk mengawal jalannya budidaya, sehingga tingkat keberhasilannya bisa lebih optimal dari sebelumnya.” ujar Roland saat interview terkait visi dan potensi kedepannya untuk produksi udang.

Melalui Global Shrimp Forum tersebut, menjadi momen STP untuk berbagi informasi kepada para pelaku budidaya udang di kancah internasional dan memperkenalkan STP sebagai brand akuakultur terdepan dari Indonesia dengan produk dan layanan lengkap dari hulu hingga ke hilir serta dapat menjadi pilihan tepat bagi para pembudidaya udang demi terciptanya industri budidaya udang yang semakin maju.

Selaras dengan visi STP untuk menjadi Total Solution Company, STP mendukung para pelaku budidaya dengan konsisten memproduksi pakan-pakan udang berkualitas tinggi, memberikan layanan teknis kepada para petambak udang sehingga proses budidaya dapat selalu dimonitor perkembangannya hingga panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *