Tetap Kompak Dalam Langkah Serempak

Tetap Kompak Dalam Langkah Serempak

Dalam membangun bisnis atau usaha, tidak bisa dipungkiri tentu support dan kekompakan dalam anggota tim sangat diperlukan agar terciptanya lingkungan support sistem yang positif.

Didi Dic Widjaja yang kini menjabat sebagai National Sales Manager, Jefo Nutrition, mengawali karir sesaat setelah dirinya lulus kuliah 2006 dari Institut Pertanian Bogor, jurusan Dokter Hewan. Menilik  perkembangan budidaya saat ini, Didi memaparkan pandangannya, Saya melihat industri di budidaya tidak begitu terpengaruh oleh pandemi, dan bahkan terus bertumbuh, namun beberapa tahun terakhir ini, dan terutama tahun ini kita mengalami tantangan besar terutama dari harga dan ketersediaan bahan baku pakan.

Dan hal lain yang juga harus digalakkan adalah seperti bagaimana kita bisa memanfaatkan bahan baku lokal dipakai. Selain itu kita pun harus bisa menemukan metode atau produk baru yang bisa mengatasi berbagai penyakit yang selalu menjadi tantangan di budidaya.

Didi juga optimis jika budidaya udang masih tetap memiliki potensi yang besar di setiap tahunnya. Namun hal tersebut bisa terealisasi jika kita juga mau memanfaatkan potensi geografis yang ada, serta kita harus siap dalam hal penyediaan sumber daya alam dan manusia utamanya, ungkapnya.

Untuk mendukung perkembangan budidaya, Didi beserta timnya juga sedang melakukan beberapa research terkait. Dirinya juga berharap mudah-mudahan bisa memberikan solusi untuk bisa masuk di Indonesia.

 

Tetap Kompak Dengan Tim
Bisa kompak dan saling mendukung dengan anggota tim selama bertahun-tahun, tentulah bukan hal yang mudah. Selama kita bisa menjadi leader dan tidak bossy, dan memiliki visi misi yang sama dengan tim, niscaya tim akan selalu solid, ujar Didi.

Lebih jauh Didi juga memaparkan jika saat ini memiliki produk unggulan yakni berupa Enzim protease (Multi Protease) yang teregistrasi di Indonesia, fungsinya untuk membantu utilisasi bahan baku sumber protein lebih efisien, tercerna lebih baik dan dimanfaatkan oleh ikan dan udang, yang dalam jangka panjang kedepannya  bisa membantu menurunkan biaya pakan.

Kenangan Masa Kecil
Masa kecil Didi dilalui di Kota Bogor, begitupun dengan pendidikan, Didi pun bersekolah di Bogor hingga menamatkan sarjana pun di Bogor. Agar memiliki waktu yang berkualitas dengan keluarga, Didi biasanya akan liburan ke luar kota ketika liburan panjang, dan Bali merupakan destinasi favorit keluarganya.

Bagi Didi negosiasi dan komunikasi menjadi peranan penting dalam membagi waktu. Selama ini keluarga selalu menjadi no.1, pelayanan saya diutamakan untuk istri dan anak-anak, saya percaya bahwa Tuhan melihat dan mengerti, sehingga berkat pekerjaan akan terus mengalir kepada saya, ucapnya.

Sejak kecil Didi diajarkan keluarganya untuk melakukan hal-hal baik agar bisa bermanfaat bagi sesama, serta selalu bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki.  Makanya tidak heran hal tersebut terbawa hingga sekarang dalam diri saya, bahwa lebih nikmat rasanya jika meraih kesuksesan bersama dibanding kesuksesan diri sendiri dan saya senang jika melihat teman-teman saya sukses, dan membantu mereka jika mereka dalam kesulitan, kata Didi penuh rasa syukur.

Bagi Didi, keluarga merupakan penyemangat yang paling besar dalam hidup saya, setiap hari ketika membuka mata memulai hari.

Sebetulnya banyak hal yang ingin Didi wujudkan baik personal maupun dalam pekerjaan, namun yang paling utama adalah bagaimana JEFO Nutrition bisa dikenal dengan baik dan berkontribusi dalam industri Aquakultur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.