Hidup Seimbang, Agar Aspek Lain juga Berkembang

Hidup Seimbang, Agar Aspek Lain juga Berkembang

drh. Ester Rumantiningsih, MBA yang kini menjabat sebgai Area Manager – PT Inve Indonesia, merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM di awal 2002. Selepas lulus dirinya langsung berkarir sebagai technical service  di PT Surya Hidup Satwa untuk area Tangerang Jakarta yang bergerak di live stock industry. Namun memasuki tahun 2003 Ester dimutasi ke area Jawa Tengah ketika dan PT Surya Hidup Satwa berubah nama menjadi PT SHS International.

Menurut pandangan Ester perkembangan budidaya udang di Indonesia saat ini cukup bagus, walaupun banyak tantangan yang kita hadapi mulai akhir 2019 dengan munculnya kasus EMS dibeberapa spot wilayah dan berkembang sampai tahun ini tapi petambak Indonesia sudah makin terbuka dengan wacana budidaya yang lebih adaptif terhadap tantangan yang ada, baik dari kualitas benur, kualitas air,  managemen kolam dan banyak hal yang terus dikembangkan untuk bisa meningkatkan performance budidaya dan profitabilitas sehingga akan sustainable.

“Potensi budidaya udang masih sangat bagus asalkan kita benar- benar memperhatikan lokasi kita akan berinvestasi, kualitas air ditempat tersebut serta infrastruktur dan lingkungan yang kondusif  tim teknikal dan anak kolam yang capable pasti akan memberikan dampak yang signifikan kedepannya,” tutur Ester.

Makin Konkrit Dengan Tim Yang Solid
Lebih jauh Ester menuturkan bahwa PT Inve Indonesia memiliki komitmen untuk membantu hatchery ataupun petambak dalam memberikan hasil budidaya yang optimal, kami hadir untuk memberikan solusi terbaik dengan permasalahan yang dihadapi dilapangan sehingga kami mempersiapkan sistem edukasi yang berkelanjutan supaya hatchery – petambak dan Inve Indonesia bisa bertumbuh bersama dan siap menghadapi tantangan yang ada

“Bekerja sebagai tim work yang saling melengkapi dan berkolaborasi dengan komunikasi terbuka adalah hal yang saya coba bangun dan kembangkan untuk membentuk sinergi dan elaborasi tim supaya lebih massive bergerak keluar untuk membantu hatchery & petambak Indonesia,” ujar Ester.

PT Inve Indonesia adalah bagian dari Benchmarks Company dimana kami memiliki product yang terintegrasi mulai dari artemia – diets maupun health products. Sep-Art technologies artemia adalah product unggulan yang dikembangkan untuk mengoptimalkan kualitas nauplii dilengkapi dengan artemia tools yang memudahkan saat panen artemia, juga ada health products yang sangat membantu menekan kontaminasi vibrio yang menjadi konsiderasi dari hatchery maupun petambak saat ini. Product INVE adalah product technical sehingga diperlukan monitoring aplikasi yang detail supaya tepat guna dan mengoptimalkan performance dilapangan. Untuk itu kami didukung dengan customer support yang solid dari lokal – regional maupun global untuk memastikan product kami menjadi solusi terbaik bagi hatchery dan petambak Indonesia.

Kenangan Masa Kecil
Kota Yogya, seperti memiliki separuh kenangan yg dimiliki Ester, pasalnya masa kecil hingga kuliah Ester habiskan di kota kelahirannya, Yogyakarta.

Ester memaparkan, jika semasa sekolah dirinya sering mencuri-curi untuk membawa komik di kelas atau setiap ada jam kosong meminta Guru lain untuk memajukan jam pelajaran supaya bisa pulang lebih awal, hal itu dirinya lakukan ketika menjadi ketua kelas di SMA.

“Bapak & Ibu saya termasuk orang yang disiplin dan selalu mengajarkan kami untuk berjuang mendapatkan apa yang kami inginkan, jadi saya sudah dituntut menjadi pribadi yang mandiri, belajar keras supaya tercapai apa yang saya cita-cita kan dan itu sangat berguna dalam pencapaian hidup saya saat ini,” kata Ester.

Tidak salah, jika sang Ayah merupakan panutan sekaligus penyemangat hidupnya, dan melakukan balance of life antara bekerja dan keluarga karena dirinya selalu meletakkan keluarga sebagai prioritas. “Karena saya belum menikah jadi ketika ada libur panjang saya akan kembali kerumah orang tua saya dijogja, menghabiskan waktu bersama dengan kuliner atau ke pantai sambil mengunjungi kerabat yang sudah lama tidak berjumpa untuk menjaga silaturahmi yang ada.”

Satu yang Ingin Ester terus lakukan adalah menjadi pribadi yang terus bermanfaat dan menginspirasi bagi banyak orang dengan hal-hal yang positif. (Vira)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.